Selebgram dan Olshop Bersiaplah, Tax Amnesty Datang Mencari Anda!

Tax Amnesty Selebgram dan Olshop
@awkarin – gambar ilustrasi

Media sosial merupakan medan pertempuran baru dalam usaha Indonesia untuk urusan penerimaan pajak, dalam hal ini permerintah berencana untuk menindak selebgram juga pedagang yang menjajakan barang dan jasa di Facebook, forum KASKUS serta media sosial lainnya, sebuah strategi yang dapat menghasilkan sebanyak $1,2 milyar pendapatan, kata Yon Arsal, direktur kepatuhan dan Penerimaan Pajak.

“Pasar online, transaksi harian, penjualan langsung dan endorser semua akan dikenakan pajak jika mereka memiliki laporan pendapatan,” kata Arsal dalam sebuah wawancara di kantornya di Jakarta. “Kami dalam diskusi untuk memutuskan bagaimana untuk menegakkan ini dengan cara yang paling efektif dan apakah kita akan menetapkan tarif yang berbeda untuk beberapa jenis bisnis.”

@awkarin - selegram yang cukup fenomenal 2016
@awkarin – selegram yang cukup fenomenal 2016

Sosial media telah menjadi sebuah pasar yang aktif di Indonesia melalui vendor yang menawarkan barang beraneka ragam yang seringkali tanpa menyatakan laporan pendapatan. Dalam hal ini kantor pajak berusaha untuk mendapatkan 10 sampai 15 triliun rupiah setiap tahun dengan menegakkan pajak pertambahan nilai pendapatan pada semua transaksi tersebut.

Pemerintah juga akan memberlakukan pungutan pada dukungan kesepakatan yang ditandatangani oleh bintang-bintang media sosial (endorsement), yang dibayar oleh perusahaan untuk mengiklankan suatu produk. Pemerintah berencana untuk membandingkan penghasilan yang diungkapkan dalam laporan pajak mereka dengan aktivitas diakun media sosial.

Untuk melacak semua penjualan dan transaksi online, Departemen Keuangan dalam hal ini akan mencari bantuan dari Departemen teknologi informasi dan komunikasi.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Lenovo Smartphone Bersama Dicoding Academy Mencetak 500 Developer Virtual Reality

Next Post

Begini Cara Setting Windows Defender Agar Lebih Terproteksi

Related Posts