Jelang Idul Adha, Bukalapak dan ACT Sediakan Hewan Kurban

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Bukalapak kembali bekerja sama dengan Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara online.Ini merupaan kali kedua Bukalapak bersama dengan ACT, dimana tahun lalu keduanya sukses menyalurkan hewan kurban di hari raya Idul Adha.

“Program ini merupakan bagian dari layanan Bukalapak untuk mengajak dan memfasilitasi umat Muslim untuk menunaikan ibadah kurban, yang disalurkan melalui Global Qurban – ACT. Program ini mudah dan murah karena masyarakat tinggal melakukan keseluruhan transaksi secara online. Biayanya pun all-in, sudah termasuk semuanya, mulai dari operasional, sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan, distribusi, dokumentasi dan pelaporan,” ujar Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak.

Adapun pendistribusian hewan kurban nantinya akan di salurkan ke daerah-daerah yang rawan bencana, krisis pangan dan lain-lain. Bukan hanya di Indonesia tapi hingga ke luar negeri. Global Qurban-ACT mengklaim telah siap mendistribusikan hewan kurban ke 34 provinsi di Indonesia, dan 27 negara asing diantaranya Palestina (Gaza), Suriah, Lebanon (pengungsi Suriah), Somalia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, Kenya (pengungsi Somalia), Nepal, Sudan, Mongolia, Kamerun (pengungsi Afrika Tengah), Vanuatu, Kyrgistan, Kazakstan, Tajikistan, dan Bosnia.

“Kami dapat memastikan bahwa semua hewan kurban yang dijual di Bukalapak berupa kurban yang berkualitas, sehat dan bebas dari kecacatan. Program Tabungan Qurban dan Qurban Progresif yang sudah kami jalankan dari tahun 2013 adalah bentuk komitmen kami untuk terus menghidupkan roda ekonomi masyarakat peternak serta menyiapkan stok hewan qurban yang sehat, berkualitas dan sesuai standar syariah kurban,” ungkap Imam Akbari, Senior Vice President ACT.

Setiap para pembeli hewan kurban nantinya akan mendapatkan sertifikat pembelian kurban sebagai bukti bahwa telah terdaftar sebagai pekurban 2016 di Global Qurban.  Laporan mengenai distribusi dan pemotongan akan disampaikan melalui SMS dan email kepada pembeli hewan kurban.

Tahun ini Bukalapak menyediakan lima jenis pilihan hewan kurban yang dapat dipilih oleh pekurban, yaitu kambing dengan harga Rp.1.750.000, kambing Gaza dengan harga Rp.4.725.000, sapi dengan harga Rp.12.250.000, sapi Gaza seharga Rp.29.925.000 dan unta dengan harga Rp.24.750.000. Sebelum disembelih, hewan-hewan kurban mendapatkan perawatan khusus agar menjadi hewan kurban yang ideal untuk berlangsungnya ibadah kurban yang afdol.

“Kami berharap program ini akan mempertemukan uluran tangan umat Muslim dalam bentuk ibadah kurban dengan mereka yang sangat membutuhkan. Mari beli hewan kurban di Bukalapak dan jadi pahlawan untuk mereka yang membutuhkan!” tutup Achmad Zaky.