Kasus Kampanye Marketing Indosat yang Menyindir Telkomsel

Indosat Ooredoo Klarifikasi ke BRTI Terkait Kampanyenya Menyindir Telkomsel

Baru-baru ini Indosat mendatangi Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia guna memenuhi panggilan terkait kasus kampanye Indosat yang menyindir pihak  Telkomsel. Indosat dikabarkan telah melakukan kampanye below the line di luar kawasan Pulau Jawa yang dianggap menyerang pihak Telkomsel. Terkait dengan itu, Indosat menjelaskan bahwasannya latar belakang dari kegiatan tersebut bukanlah berbentuk sebuah iklan.

Penjelasan Mengenai Latar Belakang Aksi Kampanye

Mereka mengatakan latar belakang aksi tersebut antara lain disebabkan posisi Telkomsel yang terlalu dominan, network sharing antara Indosat dengan partnernya yang masih belum terealisasi, menurunnya tarif interkoneksi, dan sewa jaringan dari Telkom yang sangat sulit di daerah luar Jawa. Dari hasil klarifikasi tersebut, akhirnya BRTI meminta pihak Indosat untuk mengajukan pengaduan yang resmi kepada BRTI. Ini dimaksudkan agar nantinya BRTI bisa mempelajari serta menindaklanjuti kebenaran informasi tersebut. Di sisi lain, rencananya BRTI juga akan mengundang pihak Telkomsel untuk dapat memberikan penjelasan mengenai isu tersebut.

Hingga kini BRTI masih belum memberikan tindakan apapun kepada kedua operator itu terkait kasus kampanye Indosat. BRTI berencana akan mempelajari terlebih dahulu informasi yang diperoleh dan mungkin akan melakukan investigasi untuk menemukan apakah terjadi pelanggaran oleh salah satu atau kedua operator tersebut. Kemudian, jika ditemukan adanya pelanggaran, maka BRTI akan menjatuhkan sanksi administratif untuk operator yang terbukti melakukan pelanggaran.

Pemanggilan BRTI ini adalah tindak lanjut dari aksi kampanye yang diduga menyerang Telkomsel yang dilakukan oleh Indosat pada sebuah kota yang berada di luar pulau Jawa.