Inilah Alasannya Mengapa Peluncuran Satelit BRI Ditunda

BRI Sat Menunda Peluncuran Roket Satelit

Masih ingatkah Anda dengan rencana BRI Sat atau satelit BRI yang akan segera rilis? Berdasarkan info terbarunya, ternyata peluncuran BRI Sat diundur. Pernyataan tersebut seperti yang dikatakan oleh Robertus Heru T. dari LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Lalu, mengapa harus ditunda? Tentunya beberapa alasan teknis pun mendasarinya.

Alasan Teknis Peluncuran BRI Sat Yang Harus Benar-Benar Disiapkan

Alasan yang pertama menyangkut dengan kesiapan roket serta memasang satelit yang berada di atas bagian roket. Hal tersebut sangat diperlukan intensitas dalam mengecek kondisi roket tersebut yang rencananya akan diluncurkan. Nah, jika kondisi roket tersebut belum benar-benar siap, maka pihak peluncur bisa menunda peluncuran Satelit BRI tersebut hingga benar-benar siap.

Selanjutnya, cuaca buruk yang terjadi di area peluncuran satelit juga diangap sebagai salah satu faktor  yang bisa dipertimbangkan dalam penundaan peluncuran satelit. Dengan adanya beberapa alasan maupun faktor  penundaan, system tersebut tentu berkaitan dengan system keamanan dan keselamatan juga. Hal tersebut tentunya tidak bisa dipaksakan. Sebelumnya, berita terkait BRI Sat sangat menggaung di dunia teknologi Indonesia. Sejak diumumkannya berita tersebut, banyak sekali orang Indonesia yang bertanya-tanya sambil menunggu peluncurannya. Beberapa pro dan kontra pun mewarnai rencana peluncuran satelit ini.

Akhirnya, dari pihak peluncur pun memberikan keteranga jika faktor cuaca yang tergolong buruk saat ini di Indonesia menjadi faktor  penentu. Karena, peluncuran roket Satelit BRI tidak bisa kapanpun, hal tersebut kemungkinan bisa mengancan keselamatan warganya seperti dikhawatirkannya roket jatuh di pemukiman warga dan lainnya. Jadi, kita nantikan saja berita selanjutnya terkait kesiapannya meluncurkan satelit BRI.