Bosan Dengan Media Sosial, Pengguna Android Pindah ke Aplikasi Pesan Instan?

Media Sosial yang Bisa Diunduh Dalam Smartphone Android

Penggunaan Android saat ini selalu meningkat dalam perkembangannya. Namun, bukan berarti bahwa semakin meningkatnya pengguna android, semakin meningkat pula aplikasi-aplikasi maupun media sosial yang diakses. Seperti halnya penggunaan media social, belakangan ini SimiliarWeb mencatat adanya penurunan pada peminat media social dibandingkan dengan jangka waktu atau periode yang sama di tahun sebelumnya. SimilarWeb sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memantau kinerja aplikasi dan web di dunia. Lalu, mengapa demikian dan seperti apa penurunan pengguna medsos pada Andorid User?

Pengguna Media Social Menurun, Pesan Instan Menanjak

Seperti yang diberitakan oleh SimiliarWeb, ada 4 media sosial terpopuler yang biasanya ramai digunakan, yaitu facebook, Instagram, Snapchat, dan juga twitter. Tahun sebelumnya, pengguna dari keempat media sosial adalah sangat melonjak, namun di periode ini sangat berbeda. Facebook mengalami penurunan, terutama di beberapa negara besar seperti Australia, India, Brasil, Perancis, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris. Sementara itu, pengguna Snapchat di berbagai negara juga mengalami penurunan. Jika pada tahun sebelumnya penggunaan mencapai 11 jam lebih 23 menit rata-rata per harinya, kini turun menjadi sekitar 11 jam lewat 10 menit tiap harinya. Begitu pula dengan para pengguna Instagram dan Twitter. Seperti di Amerika Serikat, penggunaan kedua media social tersebut turun hingga 30%.

Berbanding terbalik dengan penggunaan media sosial oleh para pengguna Android, mereka justru lebih cenderung ke pesan instan. Salah satunya yaitu pesan WhatsApp. Hal tersebut dibuktikan dengan menigkatnya unduhan dan aktifitas pada pesan instan tersebut dari 5% ke 20%. Lalu, akankah dalam rentan waku tertentu media social akan berakhir tergantikan dengan pesan instan?