Megapiksel Tinggi? Bukan Jaminan…..

Megapiksel tinggi ternyata tidak berpengaruh pada kualitas bidikan

Selama ini megapiksel digunakan sebagai titik tumpu dalam menentukan kehandalan sebuah kamera ponsel. Jika megapikselnya tinggi, maka kamera tersebut dianggap baik, dan sebaliknya. Yeah, ternyata anggapan tersebut salah. Kenyataannya, megapiksel tinggi hanya akan memperendah kualitas hasil bidikan.

Kualitas sensor yang tidak tergantung pada angka megapiksel

Perlu anda ketahui jika megapiksel tinggi yang disematkan pada kamera ponsel dengan sensor kecil hanya akan membuat foto memiliki bintik-bintik yang lebih banyak. Untuk membuktikan pendapat ini, OmniVision Technologies melakukan pembuktian atas konsep tersebut. Caranya, mereka membuat sensor dengan kecanggihan tertentu tapi megapikselnya kecil.  Produsen ini juga memperkenalkan sensor keluaran terbaru mereka yang bernama OV12890. Sensor ini didesain dengan stacked (tumpukan) paling besar. Mereka percaya bahwa sensor tersebut dapat menjadi solusi terbaik untuk menghasilkan video dan foto dengan kualitas bagus.

Pihak OmniVision Technologies juga menambahkan bahwa mereka juga akan menyematkan noise reduction untuk sensor tersebut. Sensor sebesar 1/2. 3 inci ini akan mampu mereka video dengan kualitas 2K dan 4K setiap detik dalam 60 frame. Sangat cepat bukan? Untuk angka megapikselnya, sensor ini menggunakan 12 megapiksel.

Desain arsitekturnya yang spesial membuat sensor ini digadang-gadang akan menjadi sensor terbaik. Namun demikian, OV12890 ini masih belum ditetapkan akan digunakan pada kamera ponsel merk apa. Namun, sensor ini akan mulai diproduksi akhir tahun 2016. Penasaran dengan sensor ini? Tunggu tanggal mainnya…

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo