Developer Kurang Tertarik Mengembangkan Aplikasi untuk Apple Watch

Tampilan Apple Watch dengan aplikasi-aplikasinya

Sampai saat ini Apple Watch masih memperoleh respon positif dipasaran, hal ini bisa dilihat dari jumlah penjualan perangkat ini yang cukup laris dipasaran. Namun nampaknya respon positif dari konsumen tersebut tak membuat para developer aplikasi tertarik untuk mengembangkan aplikasi bagi jam pintar ini. Bahkan jika dilihat berdasarkan trennya, respon developer tersebut cendurung menurun dalam mengembangkan aplikasi. Penyebab menurunnya minat developer dalam membuat aplikasi untuk Apple Watch tak lain karena aplikasi tersebut kurang memberikan keuntungan bagi pengembang.

Apple Watch yang dilengkapi dengan aplikasi yang kurang menguntungkan

Dengan kondisi tersebut, developer aplikasi kemudian merasa malas dan rugi jika membuat aplikasi yang tidak menguntungkan mereka. Apa yang dialami oleh Apple Watch sebenarnya sangat berbanding terbalik dengan produk Apple yang lain, yaitu TV Apple. TV Apple memperoleh respon positif dari para developer sejak awal perilisannya pada akhir kuartal 2015 kemarin, dan sampai dengan saat ini aplikasi untuk TV Apple jumlahnya  terus meningkat.

Menurut data dari Realm, perbandingan persebaran aplikasi untuk produk Apple yaitu dari 1000 aplikasi untuk iOS terdapat 10 aplikasi yang diperuntukan bagi tvOS dan hanya 1 aplikasi yang diperuntukkan bagi Apple Watch. Untuk menarik minat developer tersebut, Apple akan meluncurkan WatchOS terbaru dalam pagelaran WWDC 2016 yang akan diselenggarakan tanggal 13 juni ini. Diharapkan dengan kehadiran WatchOS terbaru, developer akan kembali tertarik mengembangkan aplikasi untuk Apple Watch.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo