Apple Bunuh Game Bunuh Diri

In a Permanent Save State, adalah sebuah cerita interaktif yang mengisahkan 7 pekerja migran China yang bunuh diri dan cerita kehidupannya setelah kematian, demikian seperti dikutip dari Geekosystem, Minggu (14/10/2012).

Game tersebut ini diyakini menyinggung aksi bunuh diri yang dilakukan oleh pegawai manufaktur Apple, Foxconn. Apple sendiri bungkam mengenai alasan detail tentang pencabutan tersebut. Game ini hanya bertahan kurang dari 1 jam saja Apple App Store sebelum Apple menyadari dan lantas menariknya.

Benjamin Poynter, pembuat game ini memiliki opini sendiri tentang produk yang ia besut itu. Berbicara pada situs TheVerge, game yang dibuatnya bukanlah didesain sebagai bentuk serangan pada Apple atau Foxconn, melainkan hanya sebuah ekspresi dari perasaannya mengenai kematian para pekerja.

Sebelumnya Apple juga pernah menghapus game Phone Story yang menampilkan sisi buruk dari proses produksi smartphone. Semua hanya bisa bertanya-tanya alasan sebenarnya dari pencabutan game-game tersebut karena sikap Apple yang memilih bungkam seribu bahasa.