Cara Memindahkan Unity Desktop Launcher ke Bawah pada Ubuntu 16.04 LTS

Setelah sekian lama menunggu. Sekarang di Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus, posisi launcher unity bisa di pindah ke bagian bawah seperti defaultnya windows. Jadi, nggak ke-lock di sebelah kiri seperti sebelumnya. Tapi ini nggak default. Ada tiga cara untuk memindah posisi ini yaitu dengan terminal, unity tweak tool, dan dconf editor.

Sayangnya di Unity 7 desktop, karena posisi launcher bar sementara cuma bisa di kiri atau bawah. Untuk posisi kanan atau atas masih belum bisa.

Cara 1: Terminal

Jangan keburu kawatir. Kita cuman sekali kok di terminal. Jadi, nggak perlu jadi preman terminal. lihat gambar di bawah cara buka terminalnya atau lewat keyboard shortcut Ctrl - Alt + T.

buka-terminal

Copy-paster command di bawah ini kemudian tekan enter pada keyboard. Launcher otomatis akan berada di posisi bawah screen. Nggak perlu relog atau restart.

gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Bottom

command-launcher-bawah

Ubuntu bakalan ingat posisi ini, jadi kita nggak perlu mengulangi command di atas. Launcher akan berada di posisi bawah. setiap kamu sign-in.

Untuk memindahkan launcher kembali ke sebelah kiri copy-paste command di bawah ini kemudian tekan enter.

gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Left

command-launcher-kiri

Cara 2: Unity Tweak Tool

Aplikasi Unity Tweak Tool bukan bawaan asli unity, jadi kita harus install dulu. Kalau udah pernah install ya nggak perlu install lagi.

Caranya install unity tweak tool: buka Software application, search “Unity Tweak Tool” kemudian pencet tombol install.

unity-tweak-tool-install

Launch Unity Tweak Tool application and klik Launcher icon, lihat gambar di bawah.

unity-tweak-tool-launch

Klik “Bottom” yang ada di sebelah kanan bawah. Di situ juga udah ada option “Left” kalau mau pindah ke kiri lagi. Launcher otomasis langsung pindah ke posisi yang kamu pilih. Lihat gambar di bawah

unity-tweak-tool-setting

Cara 3: Dconf Editor

Ini adalah cara terakhir. bukan berarti kalau yang lain gagal maka ini adalah cara terakhir. 3 cara ini cuma pilihan aja dan nggak ada bedanya sama sekali. Toh, namaya juga pilihan.

Sama seperti unity tweak tool Dconf Editor juga bukan bawaan asli ubuntu 16.04 Xenial Xerus. Jadi harus install dulu. Bisa dibilang mirip regedit-nya windows.

Cara install Dconf Editor: buka Software application, search “Dconf Editor” kemudian pencet tombol install. Lihat gambar.

dconf-editor-install

Launch Dconf Editor application kemudian: com > canonical > unity > launcher.

klik “launcher-position” di kolom value ganti jadi “Bottom”. Buat ganti ke kiri lagi tinggal ganti “Left”. Lihat gambar.

dconf-editor-launch

Silahkan di pilih cara yang di rasa paling gampang.

 

 

Isa Jahangir
Seorang pesepeda yang pemalu dan pendiam. Suka membongkar berbagai macam barang dan lupa buat membetukan lagi.