Penemu Bitcoin, Siapa Dia?

Humam Nugroho
Humam Nugroho

Banyak orang berspekulasi tentang penemu Bitcoin. Selama ini banyak orang mengira bahwa seseorang yang menemukan Bitcoin tersebut adalah orang yang berkewarganegaraan Jepang. Mengapa bisa timbul perkiraan ini? Yeah, hal ini karena selama ini sang penemu mengaku bernama “Satoshi Nakamoto”. Namun ternyata perkiraan itu salah. Nama asli penemu mata uang digital tersebut adalah Craig Wright. Ia merupakan seorang pria yang berasal dari Australia.

Penemu mata uang Bitcoin yang akhirnya muncul

Craig Wright mengaku kepada BBC bahwa ia ialah Satoshi Nakamoto, seseorang yang selama ini dikenal sebagai pencipta cryptocurrency. Untuk memperkuat pengakuannya tersebut, Wreight menunjukkan beberapa bukti pendukung. Salah satu bukti yang paling kuat adalah berupa kunci cryptographic yang hanya mungkin dimiliki oleh sang pembuat.

Dengan adanya berita ini, menimbulkan banyak tanggapan. Salah satu tanggapan diberikan oleh komunitas Bitcoin. Menurut komunitas tersebut, klaim yang diungkapkan oleh Craigt Wright benar adanya dan dapat dipercaya. Hal serupa juga juga diungkapkan pendiri Bitcoin Foundation, Jon Matonis.

Banyak pihak yang mempertanyakan kenapa Wright baru melakukan pengakuan sekarang. Untuk menanggapi pertanyaan tersebut, Wright memberikan sebuah alasan yang tidak begitu jelas. Meskipun menjadi penemu Bitcoin, Craig Wright mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ia akan menolak segala macam penghargaan atau hadiah yang ditawarkan kepadanya terkait dengan mata uang digital tersebut. Apakah anda yakin bahwa Craig Wright benar-benar penemu Bitcoin?

Share this Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.