Impian Estonia Menjadi Negara Virtual

Humam Nugroho
Humam Nugroho
Estonia yang ingin menjadi negara virtual

Estonia merupakan suatu Negara yang maju dalam bidang digital. Bagaimana tidak? Negara yang satu ini selalu mengikuti perkembangan teknologi digital, termasuk teknologi virtual. Hal ini ditunjukkan dengan adanya usaha Estonia untuk mengembangkan sebuah proyek, yang diberi nama e-residency. Proyek yang satu ini akan memungkinkan semua orang dapat menjadi bagian dari peduduk digital Negara Estonia. Estonia yang memiliki impian untuk menjadi Negara virtual terus dan terus mencari cara untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Negara virtual dengan teknologi digital

Proyek e-residency yang dikembangkan oleh Estonia mendukung beberapa real action dalam kegiatan kenegaraan, antara lain rapat DPR dengan tanpa menggunakan kertas, pemilu online, dan lain sebagainya. proses ini tentu lebih praktis dan mudah.

Untuk mewujudkan impiannya untuk menjadi Negara virtual, Estonia membutuhkan customer sebanyak-banyaknya. Semakin banyak customer maka negara ini juga akan semakin kaya. Namun demikian, Chief Informayion Officer Estonia, Taavi Kotka mengungkapkan bahwa hingga saat ini mereka belum memiliki terlalu banyak customer.

Perlu anda ketahui bahwa Estonia merupakan suatu negara yang memiliki letak geografis yang kurang strategis. Oleh karena itu negara ini tidak memiliki banyak penduduk dan customer. Untuk meningkatkan jumlah penduduknya, menurut Taavi Kotka, caranya adalah dengan meningkatkan jumlah dari penduduk digital.

Penduduk digital? Yeah, dengan menjadi penduduk digital negara Estonia, seseorang akan mendapatkan banyak layanan publik miliki Estonia. Mereka juga dapat mendirikan perusahaan online di Estonia. Tentunya jika mereka melakukan hal ini, mereka harus menanggung beban pajak.

Share this Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.