Menilik Alasan China Memblokir iTunes Movies

iTunes Movies yang diblokir oleh pemerintah China

Menurut kabar yang beredar dari sejumlah media, China blokir iTunes Movies. Karena aksi tersebut kini sejumlah layanan iTunes Movies milik Apple tak bisa lagi diakses dari China.  Sebenarnya, beberapa layanan Apple, seperti iTunes Movies dan iBook baru beberapa bulan  beroperasi di China. Dengan adanya kejadian tersebut, saat ini Apple berusaha untuk memulihkan keadaan agar layanan tersebut bisa kembali diakses.

Langkah china memblokir iTunes movies yang mencengangkang

Awalnya Apple menjual produk gadget seperti Mac, iPad, iPhone hingga layanan App Store Apple Pay. Dan beberapa bulan lalu Apple kembali meluncurkan produk layanan baru, yakni iTunes Movies dan iBooks. Kedua layanan terbaru tersebut merupakan layanan toko media digital film dan buku populer.

Apa Alasan Pemblokiran  iTunes Movies oleh Pemerintah China?

Alasan pemblokiran Apple iTunes Movies adalah adanya peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Industri dan Teknologi Informasi China pada bulan Februari lalu tentang publikasi di internet, yang mana penggunaannya baru efektif dilakukan  sejak minggu lalu. Dikutip dari detikINET, bahwa pihak pemerintah China yang melakukan pemblokiran adalah State Administration of Press, Publication, Radio, Film and Television.

China memang tergolong sangat ketat dalam menjalankan peraturannya. Sebelumnya, Google yang juga berasal Amerika telah mengalami hal yang sama. Layanan Play Store milik Google  juga mengalami pemblokiran. Dan hingga saat ini Google tengah berjuang  agar layanan Play Store nya bisa kembali  eksis di China.

Lalu bagaimana  tindakan Apple, setelah China blokir iTunes Movies miliknya? Kabarnya Apple juga sedang dalam proses diskusi dengan pemerintah China seperti halnya yang dilakukan Google. Kita tunggu saja hasilnya!

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo