Penyematan Tombol Darurat untuk Ponsel di India

Dani Prabowo
Dani Prabowo

Mungkin anda sempat mendengar berita ini. Tombol darurat atau panic button ini akan berfungsi saat sang pemilik ponsel sedang menghadapi kondisi darurat. Hal ini dilakukan oleh pemerintah India sebagai langkah antisipasi atas tingginya tindak kriminal dan kejahatan seksual di Negara ini. Dengan adanya tombol ini, pemerintah India berharap agar tindak kriminal di India bisa semakin berkurang.

Panic button untuk memberikan bantuan kepada orang yang mengalami tindak kriminal

Cara kerja panic button ini cukup mudah. Saat tombol ini ditekan, maka secara tidak langsung pemilik ponsel telah memberitahu polisi bahwa mereka dalam keadaan darurat atau bahaya. Informasi yang dikirim melalui tombol darurat tersebut juga menunjukkan lokasi si pemilik ponsel.

Panic button ini bisa ditekan dengan mudah. Sebagai contoh, pemilik cukup menekan angka 9 atau 5 pada ponsel tersebut. Bagi warga India yang telah menggunakan smartphone, mereka bisa melakukan panggilan darurat dengan cara menekan 3 kali tombol power dengan cepat. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah india ini akan mulai berlaku pada Januari 2017. Setelah itu, mulai pada Januari 2018, semua ponsel di India akan didukung dengan GPS atau Global Positioning System.

Demikianlah sedikit informasi tentang tombol darurat yang diberlakukan pada ponsel di India. Langkah ini  merupakan langkah cerdas yang dapat meminimalkan tindak kriminal dan kejahatan seksual yang banyak terjadi di Negara ini. Dengan demikian, ponsel tidak hanya akan menjadi gaya hidup, tetapi juga bisa menjadi pengaman bagi setiap orang.

Share this Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.