Pengembangan Teknologi untuk Melipatgandakan Kecepatan WiFi oleh IlTian Harish Krishnaswamy

Teknologi terbaru dari Krishnaswamy untuk mempercepat koneksi internet Wifi

Peneliti dari Columbia University yang dipimpin oleh Krishnaswamy mensiptakan sebuah chip silicon dengan antena tunggal yang menawarkan kecepatan WiFi ganda. Krishnaswamy merupakan lulusan teknik elektro dari IIT Madras. Sampai saat ini, India merupakan Negara yang menjadi kekuatan utama saat sektor IT ini memprihatinkan. Salah satu testimoni yang mendukung pernyataan diatas adalah testimoni yang diberikan oleh Satya Nadelia dan Sundar Pichai yang merupakan CEO Microsoft dan Google.

Melipatgandakan koneksi internet Wifi dengan teknologi antena tunggal

Penemuan teknologi ini dikenal sebagai nanoscale “full-duplex radio integrated circuits”. Teknologi yang satu ini akan menjadi pendorong untuk semua orang yang terkoneksi dengan jaringan internet dengan kecepatan rendah. Dengan demikian, mereka akan lebih nyaman dengan koneksi internet yang lebih cepat. Menurut Krishnaswamy, teknologi ini bisa merevolusi bidang komunikasi.

Sebenarnya, tahun lalu beberapa peneliti dari Columbia University telah menemukan sebuah teknologi yang disebut “full-duplex radio integrated circuits (ICs). ICs ini mampu diimplementasikan pada CMOS nano untuk memungkinkan transmisi stimulus dan penerimaan. Akan tetapi ada sebuah isu bahwa proyek ini memerlukan dua antena.

Untuk itu, proyek yang dikerjakan oleh Krishnaswamy ini dapat dikatakan proyek lanjutan yang dikembangkan hanya menggunakan satu antena. Hal ini tentu saja memiliki implikasi yang sangat besar untuk beberapa macam perangkat seperti tablet dan smartphone. Teknologi ini akan menjadi jawaban yang tepat bagi mereka yang berada di tempat dengan koneksi yang super lambat.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo