Kesalahan Sistem Safety Check, Akhirnya Facebook Meminta Maaf

Permintaan maaf Facebook atas kesalahan sistem Safety Check-nya

Apakah anda sudah mendengar kabar tentang tragedi ledakan bom di Lahore, Pakistan? Ledakan tersebut merupakan bom bunuh diri untuk meneror umat Kristiani yang sedang merayakan Paskah. Kejadian tersebut membuat panik semua orang yang berada di tempat tersebut. Dalam terror tersebut sedikitnya 70 orang telah menjadi korban, termasuk anak-anak. Untuk membantu sistem informasi tentang keselamatan orang-orang yang berada di lokasi tersebut, pihak Facebook mengaktifkan sistem Safety Check. Sistem ini berfungsi untuk memberikan kabar kepada kerabat bahwa mereka dalam keadaan baik-baik saja.

Peran Facebook dalam membantu memberikan informasi tentang keadaan korban bom

Cara kerja sistem ini cukup mudah. Para pengguna Facebook akan mendapatkan sebuah pesan berisi pertanyaan “Are you affected by the explosion?” Pesan ini nyatanya membuat banyak orang gantar, bahkan mereka yang berada di India, Hawaii, US, UK, dan tempat-tempat lain. Yeah, kali ini Facebook telah melakukan kesalahan. Kesalahan apa? Seharusnya pihak Facebook juga memberikan informasi tentang seberapa dekat lokasi masing-masing pengguna Facebook dengan potensi ancaman.

Dengan kejadian ini, pihak Facebook akhirnya meminta maaf atas kesalahannya. Namun demikian, sistem Safety Check ini juga memberikan manfaat bagi penggunanya, yaitu berupa informasi bencana yang terjadi di sekitar mereka, baik itu bencana alam maupun bencana “buatan”.

Demikianlah informasi terbaru dari dunia teknologi. Meskipun masih terdapat kesalahan, teknologi yang dikeluarkan oleh Facebook ini cukup efektif dan bermanfaat dalam memberikan informasi bencana secara cepat.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo