Keikutsertaan Microsoft, Google, dan Yahoo dalam Pembuatan Email Encryption Protocol terbaru

Sistem keamanan untuk kerahasiaan isi email terbaru

Sebuah kelompok peneliti keamanan independen dan teknologi utama Silicon Vallet telah menyerahkan sebuah proposal baru bernama SMTP email STS pada Jumat, 18 Maret 2016 lalu. STS di sini merupakan kepanjangan dari Strick Transport Security. Pada dasarnya SMPT tidak pernah menjadi protocol yang aman. Hal ini karena pada tahun 1982, pengawasan secara online tidak menjadi suatu masalah yang besar bagi ribuan komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Namun, saat ini dengan adanya ulah para hacker, para peneliti mulai sadar bahwa keamanan sudah mulai terganggu. Untuk itu para peneliti berencana untuk membuat Email Encryption Protocol terbaru untuk meningkatkan keamanan.

SMTP email STS sebagai sistem email encryption protocol terbaru

Sebenarnya, sebelum memutuskan untuk membuat SMTP email STS, sitem keamanan independen pernah ditingkatkan dengan adanya STARTTLS. Namun demikian, STARTTLS ini ternyata tidak seaman yang diharapkan. Hal ini karena adanya cacat desain yang menyebabkan hacker mampu menerobos masuk pada sistem keamanan tersebut. Dengan adanya sebab tersebut, kini akan segera dikembangkan STS.

SMTP STS ini nantinya akan memiliki kemampuan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan pesan yang dikirim via email. Kemungkinan STS ini akan tetap bekerja sama dengan STARTTLS untuk menciptakan sebuah sistem keamanan yang kuat dan tidak dapat dibobol oleh para hacker.

Demikianlah sedikit informasi tentang SMTP STS sbagai Email Encryption Protocol terbaru. Informasi ini tentu akan membuat anda lebih lega karena kerahasiaan email anda akan lebih terjaga.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo