Jalanan Tanpa Lampu Lalu Lintas, Apa Kabar?

Sistem lalu lintas berbasis slot-based intersection

Apa yang anda bayangkan jika di jalanan kota besar tidak terdapat lampu lalu lintas atau lampu merah? Wow, pasti sangat crowded bukan? Kendaraan akan melaju seenaknya tanpa memperhatikan pengendara lain. Namun ternyata para peneliti MIT saat ini merencanakan dan meneliti sebuah teknologi yang memungkinkan jalanan tanpa lampu lalu lintas. Penasaran dengan ide “gila” tersebut? Sebuah teknologi diciptakan untuk mempermudah aktivitas dengan tidak melupakan azas keamanan dan keselamatan. Hal ini pulalah yang harus anda ingat tentang ide ini.

Sistem keamanan lalu lintas yang diciptakan oleh peneliti MIT

Para peneliti MIT merancang sebuah sistem canggih yang dapat mengatur arus lal lintas tanpa menggunakan lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas dinilai kurang efektif dalam mengatasi kecelakaan di jalur-jalur persimpangan, perempatan, maupun jalur lain yang rawan kecelakaan.  Sistem canggih yang diciptakan peneliti MIT ini nantinya akan menggunakan sistem slot-based intersection. Sistem tersebut dinilai lebih konsisten dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sistem pengaturan lalu lintas yang dirancang oleh peneliti MIT ini mengandalkan kemampuan manusia untuk tahu kapan ia harus berhenti dan kembali menjalankan kendaraannya berdasarkan sistem berbasis slot-based intersection ini. Upaya ini diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang selama ini terus bertambah.

Demikianlah sedikit informasi tentang teknologi terbaru yang sangat bermanfaat untuk keselamatan berkendara. Teknologi ini merupakan teknologi masa depan yang sangat dinantikan pengaplikasiannya.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo