Rancangan Micro-Drone untuk Misi Pengintaian

Baru-baru ini Pentagon bereksperimen untuk membuat suatu teknologi baru. Teknologi baru tersebut merupakan suatu prototipe rahasia berupa Micro-Drone. Eksperimen ini dilakukan di Alaska pada musim panas lalu. Drone yang satu ini dapat diluncurkan dari -18.dispenser suar dari pergerakan jet tempur F-16s dan F/A. Selanjutnya, akan terlihat sebuah tabung kecil yang berisi sebuah pesawat kecil yang turun dari jet. Sebelum parasut terbuka, sayap-sayap drone akan terbuka atau keluar dan membuatnya mampu “bekerja sama” dengan angin dan memungkinkannya melayang di udara.

Eksperimen kali ini dilakukan oleh Strategic Capabilities Office, yaitu salah satu organisasi Pentagon yang diresmikan pada musim panas tahun 2012 lalu. Organisasi dibentuk dengan tujuan untuk mencari tahu cara yang paling tepat untuk mengembangkan langkah yang strategis dalam menghadapi ancaman Cina dan Rusia.

Micro-Drone sendiri dirancang bukan untuk turut serta berperang melawan musuh. Akan tetapi drone yang satu ini dirancang untuk membingungkan pasukan musuh serta melakukan misi pengintaian. Pesawat tak berawak ini tentu akan sangat bermanfaat dalam suatu peperangan.

Demikianlah kilas informasi tentang salah satu teknologi masa depan yang telah direncanakan pengembangannya. Kemanfaatan teknologi yang satu ini akan mendorong pihak Pentagon untuk benar-benar memproduksi drone ini dan menggunakannya dalam berbagai aktivitas. Dengan demikian, proyek ini tidak menjadi proyek rahasia lagi dan diketahui oleh umum.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo