Review ASUS Zenfone Max: Its All About Battery Life

PCtren – ASUS Indonesia memperkenalkan smartphone model terbaru yang akan hadir dari lini Zenfone 2 yakni Zenfone Max ZC550KL. Mengacu pada namanya, Zenfone Max memiliki kelebihan utama dari sisi kapasitas baterainya yang ekstra besar, yakni mencapai 5.000mAh. Namun, jika dibandingkan dengan lini Zenfone 2 lainnya, Zenfone Max punya perbedaan yang cukup signifikan.

Diperkuat oleh baterai berkapasitas 5.000mAh, Zenfone Max menawarkan cadangan energi yang jauh di atas rata-rata kemampuan baterai smartphone yang tersedia di pasaran saat ini. Sebagai gambaran, baterai smartphone mutakhir umumnya ada di kisaran 2.000 sampai 4.000mAh.

ASUS Zenfone Max Review

Dipadankan dengan prosesor quadcore 64-bit handal, memiliki fitur mutakhir namun juga hemat energi, yakni Qualcomm Snapdragon 410, ASUS Zenfone Max menawarkan masa aktif baterai yang sangat panjang. Mencapai lebih dari 2 hari penggunaan. Ini tentu sangat menarik dan bermanfaat.

Seperti diketahui, kehabisan baterai merupakan momok terbesar pengguna smartphone saat ini. Dengan Zenfone Max, mimpi buruk tersebut bisa disingkirkan jauh-jauh. Karena apapun aktivitas penggunanya, Zenfone Max mampu menawarkan masa aktif baterai hingga satu-dua-tiga hari, bahkan lebih.

Baterai 5000mAh Battery, Menyimpan Daya Hingga 38 Hari

ASUS Zenfone Max Battery Test

Apa yang Anda lakukan jika saat dalam kondisi genting dan harus segera berkomunikasi namun baterai smartphone Anda kehabisan energi? Panik? Mencari stop kontak? Meminjam powerbank teman? Jangan khawatir. Dengan ASUS Zenfone 2 Max, kejadian seperti itu dapat dihindari.

Hadir dengan bentuk yang tipis, Zenfone Max menyimpan baterai berkapasitas monster di dalamnya. Sebuah baterai lithium-polymer custom-crafted 5.000mAh yang menyimpan energi maksimum dalam ukuran yang minimum. Bahkan jika smartphone berada dalam kondisi idle, ia dapat menyimpan energi hingga 38 hari.

Dan jika Anda terbiasa dengan baterai yang semakin lemah bersama dengan berjalannya waktu, hal itu tidak akan ditemukan pada Zenfone Max.
Berhubung besarnya kapasitas baterai yang tersedia, dalam kondisi tertentu bahkan dapat bertahan hingga 2 minggu, pengguna tidak perlu bolak-balik mengisi ulang baterai Zenfone Max. Ini tidak seperti jika menggunakan smartphone lainnya. Dengan sedikitnya siklus isi ulang yang harus dilakukan, pada akhirnya baterai Zenfone Max juga akan lebih awet.

Energi yang Cukup untuk Setiap Skenario

ASUS Zenfone Max Test

Baterai berkapasitas besar akan membawa sangat banyak manfaat bagi pengguna smartphone. Dengan energi sebesar 5.000mAh di dalamnya, Zenfone Max memungkinkan lebih banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan secara online, menonton lebih banyak film, dan berbicara lebih lama di telepon.

Dari pengujian internal ASUS, baterai ini diklaim mampu bertahan untuk melakukan panggilan suara dalam jaringan 3G hingga mencapai 37,6 jam non stop. Jika digunakan untuk menjelajah web via WiFi, baterainya bisa bertahan hingga 32,5 jam. Video sepanjang 22,6 jam dapat disaksikan tanpa kehabisan energi di tengah jalan. Dan jika Anda inginkan, smartphone ini mampu memutar alunan musik tanpa berhenti selama 72,9 jam.

Baterai Raksasa Sekaligus Sebagai Powerbank

Review ASUS Zenfone Max

Meski memiliki desain yang tipis sehingga hanya menyediakan ruang yang relatif sempit, ASUS berhasil memasukkan sebuah baterai raksasa yakni baterai lithium-polymer non removable sebesar 5.000mAh ke dalamnya.

Tak hanya itu saja, yang menarik, dengan teknologi khusus, baterai 5.000mAh yang tersedia di dalam Zenfone Max juga bisa berfungsi sebagai powerbank bagi smartphone ataupun perangkat lainnya. Cukup sambungkan kedua perangkat lewat konektor micro USB, maka baterai gadget tersebut akan diisi ulang oleh Zenfone Max.

Selain itu, meski Zenfone Max sudah punya kapasitas energi yang besar, ASUS tidak jumawa. Produsen asal Taiwan tersebut tetap menyediakan fasilitas optimalisasi baterai pada Zenfone Max lewat aplikasi ASUS Power Saver. Secara total, ada 5 modus baterai dan 2 opsi Smart Switch untuk mengoptimalkan penggunaan baterai.

Kelima modus baterai tersebut antara lain adalah:

ASUS Zenfone Max Front Camera

Performance. Modus ini menggunakan setting kecepatan CPU tertinggi dan kecerahan layar maksimal. Hasilnya, ia mengonsumsi daya dengan cukup boros. Tetapi, setting inilah yang kami rekomendasikan saat akan bermain game atau menikmati video dari YouTube dan yang disimpan di internal storage atau microSD.

Normal. Ini merupakan setting default untuk Zenfone Max. Modus ini akan secara cerdas mengatur performa CPU dan tingkat kecerahan layar untuk menghemat energi yang tersimpan di baterai.

Power Saving. Untuk menghemat energi, modus ini dapat secara otomatis mengatur performa CPU dan tingkat kecerahan layar. Ia juga akan mematikan jaringan nirkabel (mobile data dan WiFi) saat smartphone dalam kondisi idle. Jaringan akan kembali terhubung saat layar dinyalakan. Hasilnya, notifikasi online (misalnya dari WhatsApp ataupun Facebook) akan kembali masuk saat smartphone kembali aktif.

Super Saving. Modus ini akan membuat prosesor menurunkan performanya dan dengan pintar mengatur tingkat kecerahan layar. Lebih dari itu, ia akan mematikan seluruh fungsi jaringan untuk membuat Zenfone Max memiliki masa standby yang lebih lama. Pada modus ini, seluruh panggilan telepon, SMS, dan alarm tetap akan bekerja. Dengan kata lain, modus inilah yang paling direkomendasikan untuk menghemat baterai lebih lanjut.

Customized. Tidak puas dengan pengaturan penghematan energi yang tersedia, pengguna bisa mengubah sendiri seluruh setting lewat modus ini. Prosesor, kecerahan layar, jaringan, bahkan pengguna juga bisa mengatur aplikasi apa saja yang tetap online atau dimatikan untuk menghemat baterai.

ASUS PixelMaster Camera with Laser Auto Focus

Review ASUS Zenfone Max Indonesia

Dari sisi kamera, ASUS Zenfone Max ZC550KL menggunakan kamera utama dengan resolusi 13MP. Ia mampu mengambil foto dengan resolusi 4128 x 3096 pixel dan menggunakan lensa dengan bukaan f/2.0.

Dengan dukungan zero shutter lag, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan momen berharga yang umumnya berlangsung sangat cepat. Yang menarik, kamera tersebut diperkuat fitur Laser Auto Focus.

Teknologi fokus dengan laser ini dapat mempercepat pencarian fokus terhadap obyek foto, baik jarak dekat ataupun jarak jauh, hingga 0,03 detik. Hasilnya, pengguna akan dapat mengambil foto yang lebih fokus dengan cepat dibandingkan sistem fokus biasa. Fitur fokus laser ini juga sangat membantu mendapatkan fokus dengan cepat dan tepat, misalnya saat memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Dukungan teknologi khas ASUS PixelMaster Camera membuat smartphone ini mampu menangkap gambar dan video hingga 400% lebih terang saat dalam kondisi pencahayaan minimal. Jika dibutuhkan, tersedia pula dual-LED (dual tone) flash yang dapat membuat hasil foto terekam dengan warna yang lebih natural. Selain mengambil foto, kamera yang digunakan mampu merekam video dengan resolusi FullHD dengan kecepatan 30 frame per detik.

ASUS Zenfone Max Camera PixelMaster

Untuk melengkapi, kamera depan yang disediakan pada ZC550KG juga memiliki resolusi yang cukup tinggi yakni 5MP serta dengan aperture f/2.0. Tak hanya resolusi yang tinggi, kamera ini juga mendukung autofocus untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Bahkan bagi pengguna yang gemar melakukan selfie, kamera depan juga menyediakan sudut yang lega, hingga 85o. Artinya, akan lebih banyak obyek yang bisa ditangkap dalam foto.
Teknologi kamera ASUS PixelMaster yang disediakan Zenfone Max juga mencakup fitur backlight (Super HDR) untuk meningkatkan keseimbangan cahaya. Dengan demikian, menangkap foto yang sesuai dengan warna aslinya bisa dilakukan setiap saat, meskipun objek yang difoto sedang membelakangi matahari atau sumber cahaya lainnya.

Sama seperti lini produk ASUS Zenfone 2 Laser, Zenfone Max juga mendukung pemotretan dalam modus selfie panorama. Menggunakan modus wide-angle khusus dengan sudut pandang hingga 88 derajat, pengguna bisa mengambil foto selfie panorama hingga 140 derajat.

Cukup aktifkan modus Selfie Panorama lalu ambil foto Anda bersama teman-teman Anda, maka pemandangan indah di belakang Anda akan ikut terangkum dalam foto tersebut.
Untuk mempercantik diri, pengguna yang ingin memotret selfie juga bisa memanfaatkan fitur Beautification. Pada fitur ini, Zenfone Max bisa mencerahkan warna kulit, mempercantik wajah, dan menghaluskan kulit. Yang menarik, fitur ini dapat digunakan dan dilihat secara langsung sebelum pengguna menjepretkan kamera, sehingga hasil akhirnya sudah bisa langsung diketahui.

Desain Berkelas

Zenfone Max Kulit

Zenfone Max hadir dalam dua pilihan warna yakni hitam dan putih yang elegan dan berkelas. Berbeda dengan desain Zenfone 2 lain, pada body-nya, Zenfone Max dikelilingi oleh bezel dengan efek metal yang sangat mulus saat disentuh, namun menampilkan gaya yang berkelas saat ia digenggam atau diletakkan di meja.

Di bagian belakang cover, ia memiliki desain dengan corak embossed leather. Desain tersebut membuat Zenfone Max tak hanya bertenaga, namun tetap anggun. Selain menambah estetika, desain leather pada cover belakang smartphone ini juga membuatnya tidak mudah tergelincir dari genggaman tangan.

Meski diperkuat dengan baterai bertenaga besar, Zenfone Max punya bentuk yang sangat tipis, yakni hanya 5,2 milimeter di sisi tertipisnya. Padahal di dalam body yang setipis itu, ASUS menempatkan baterai besar, prosesor bertenaga dari Qualcomm dan dual SIM card slot. Ini membuat Zenfone Max semakin mudah dijinjing.

Produktivitas dan Hiburan Maksimal

Zenfone Max Putih

Melengkapi baterai yang punya kapasitas besar, Zenfone Max juga dilengkapi dengan prosesor yang bertenaga namun hemat energi yakni Qualcomm Snapdragon 410. Prosesor quad core ini sudah mendukung teknologi 64-bit dan 4G LTE Cat 4 yang menawarkan kecepatan download hingga 150Mbps di jaringan selular.

Artinya, Anda yang butuh tetap bekerja, misalnya memeriksa laporan yang di-attach pada email, atau dokumen yang tersimpan di online storage dapat dilakukan dengan lancar.

RAM LPDDR3 sebesar 2GB sudah ditanamkan untuk memungkinkan performa multimedia dan multitasking berjalan dengan mulus. Saat terkoneksi dengan jaringan WiFi, Zenfone Max juga sudah mendukung 802.11ac yang menawarkan kecepatan transmisi data hingga 433Mbps. Teknologi ini adalah peningkatan dari 802.11n yang biasa digunakan pada perangkat mobile.

Dengan 802.11ac, saat Anda akan menikmati video resolusi HD di YouTube via koneksi WiFi, tidak akan terjadi lag akibat konektivitas nirkabel yang kurang mumpuni milik smpartphone. Meski pada 802.11ac throughput data sudah ditingkatkan, namun teknologi terbaru di standar jaringan nirkabel ini justru mampu mereduksi konsumsi daya.

Dari sisi fitur konektivitas data 4G LTE, teknologi yang sudah digunakan pada ASUS Zenfone Max adalah berupa 4G LTE Advanced dengan dukungan Carrier Aggregation.

Artinya, smartphone akan dapat mengoptimalkan bandwidth dari beberapa carrier sekaligus untuk menghadirkan kecepatan ultra tinggi dan kestabilan koneksi yang handal di manapun pengguna berada.

Sebagai informasi saja, saat ini sudah ada lebih dari 31 negara yang mendukung Carrier Aggregation di jaringan selular mereka. Hadirnya dukungan 4G LTE-A tersebut tentu membuat pengguna semakin leluasa saat menjelajah internet via jaringan seluler.

Untuk dapat tetap berkomunikasi dengan sejawat, Zenfone Max juga menyediakan dua slot SIM card Dual SIM Dual Standby. Demikian, pengguna bisa memisahkan antara nomor untuk urusan pekerjaan, ataupun nomor GSM untuk urusan pribadi.

Untuk urusan kekuatan sinyal, jangan khawatir. Desain antena mutakhir Zenfone Max menghadirkan performa yang sangat baik meski di kawasan yang kekuatan sinyalnya kurang, misalnya di kawasan terpencil atau di basement gedung.

Antena ini juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu mereduksi konsumsi daya saat ia mencari sinyal. Pada akhirnya, ia akan mampu melakukan penghematan energi dan meningkatkan masa aktif smartphone dalam kondisi stand by.

Layar 5,5 Inci yang Mengagumkan dengan Gorilla Glass 4

Zenfone Max dilengkapi dengan layar yang sangat solid. Lapisan kaca pada Zenfone Max terbuat dari Corning Gorilla Glass 4 yang dipasangkan untuk menutup semua bagian depan, ini membuat Zenfone Max Anda terlihat sempurna seperti kaca, saat Zenfone Selfie Max sedang tidak menyala.

Untuk tingkat kecerahan warna dan responsivitas terbaik, Zenfone Max menggunakan teknologi eksklusif ASUS TruVivid. Teknologi ini menggantikan desain empat lapis yang biasa dimiliki oleh smartphone touchscreen menjadi hanya dua lapis. Ia menggabungkan kaca pelindung dengan lapisan panel sentuh dan menghilangkan ruang udara. Akhirnya, tampilan menjadi lebih dekat ke permukaan layar.

Display Zenfone Max sendiri menggunakan layar IPS, sehingga menawarkan sudut pandang luas, hingga 178 derajat. Ketajaman gambar yang hingga 267 pixel per inch didukung oleh NTSC gamut yang mencapai 72% membuat semakin banyak warna yang dapat dihasilkan dengan akurat, bagaikan menyaksikan obyek nyata.

Kesimpulan

ASUS Zenfone Max
Dengan Zenfone Max, ASUS menghadirkan smartphone yang inovatif. Dia punya tenaga yang cukup kuat untuk aplikasi dan gaya hidup masa kini sekaligus desain yang stylish. Dengan efek leather yang mewah pada cover belakangnya, penampilan smartphone ini semakin elegan. Apalagi dimensinya juga relatif tipis.

Masa aktif baterainya yang luar biasa, yang dalam pengujian yang kami lakukan, bisa bertahan lebih dari dua hari, merupakan faktor yang sangat menarik. Apalagi pengguna saat ini tidak bisa lepas dari smartphone-nya, apapun aktivitasnya, dan di manapun mereka berada. Apalagi jika dibutuhkan, Zenfone Max bisa berfungsi sebagai power bank untuk perangkat lain.

Jadi, jika semua faktor itu yang Anda butuhkan, tidak perlu ragu memilih Zenfone Max ZC550KL sebagai partner pendamping hidup Anda!

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Mengintip Bocoran Oven Induksi Meja Pertama dari Panasonic

Next Post

Kesalahan Radar F-35 Mengharuskan Pilot untuk Mematikan dan Menyalakan Radar

Related Posts