Proteksi AACS 2.0 yang Lebih Ketat dan Aman

Sony, salah satu perusahaan teknologi di Jepang ini memberikan ide baru dalam perkembangan teknologinya. Kali ini, ide tersebut mereka tuangkan dalam bentuk Advance versi 2.0 yang biasa disebut dengan AACS 2.0. teknologi ini berupa sistem yang dapat memproteksi kaset Blu-ray dari pengocopian secara illegal. Dengan demikian, hak cipta atas konten di dalam kaset Blue-ray tersebut akan tetap terjaga.

AACS 2.0 sebagai proteksi Blu-ray terbaru

Untuk memuluskan kerjanya, sistem AACS ini didukung dengan cryptography yang dapat mengontrol dan membatalkan penggunaan kaset Blu-ray dan menjadi perlindungan atas terjadinya pengcopian konten pada kaset tersebut. AACS versi 2.0  ini pada akhirnya akan dikembangkan menjadi bagian dari Ultra HD Blu-ray. Salah satu dokumen Sony yang diumumkan ole Wikileaks menunjukkan beberapa rincian tentang sistem proteksi dari pengcopian illegal ini.

Menurut berita yang beredar, untuk melakukan kerjanya, AACS 2.0 akan memerlukan koneksi internet pada memutaran pertamanya. Koneksi internet tersebut akan berfungsi untuk mengambil kuncinya dan kemudian menyimpannya pada perangkat tersebut. Dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa HDCP 2.2 juga diperlukan untuk menikmati konten 4K. Perangkat yang tidak didukung dengan HDCP 2.2 tersebut hanya mampu digunakan untuk konten 2K.

Demikianlah informasi terbaru dari Sony yang diambil dari pengumuman yang diberikan oleh Wikileaks. Informasi ini akan menjadi pengetahuan penting untuk memberikan pengalaman dalam memilih perangkat yang terbaik untuk menikmati konten 4K.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo