Ulah Hacker Penyebab Pemadaman Listrik Ukraina yang Meresahkan

Humam Nugroho
Humam Nugroho

Baru-baru ini kejadian tidak menyenangkan tengah menimpa Ukraina, khususnya di bagian penyedia daya di Negara tersebut. Apa yang terjadi? Pada tanggal 23 Desember lalu terjadi pemadaman listrik yang merugikan hingga 225.000 pengguna listrik. Setelah ditelusuri, menurut laporan yang diberikan oleh DHS Industrial Control Systems Cyber Emergency Response Team, pemadaman tersebut terjadi karena adanya hacker penyebab pemadaman Listrik Ukraina.

Pemadaman listrik di Ukraina yang dilakukan oleh hacker

Berdasarkan analisis yang dilakukan, ternyata hacker tersebut tidak ada sangkut-pautnya dengan Black Energy. Namun, ada spekulasi yang muncul bahwa BlackEnergy dan KillDisk mungkin memberikan akses kepada hacker tersebut untuk memuluskan niatnya. Beberapa perusahaan juga mengatakan bahwa perusahaan mereka telah terinfeksi oleh malware BlackEnergy. Namun, belum diketahui secara pasti apakah malware tersebut memiliki peran dalam serangan cyber tersebut.

Melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkena dampak pemadaman, tim mendapatkan informasi bahwa pemadaman tersebut terjadi karena adanya gangguan cyber di 3 perusahaan regional yang mengurusi tentang distribusi listrik. Saat ini listrik telah pulih seperti sedia kala. Para pengguna listrik di Ukraina tidak mengalami masalah daya listrik lagi. Meski demikian, 3 perusahaan tersebut masih di bawah pengawasan pemerintah Ukraina.

Demikianlah berita tentang pemadaman listrik di Ukraina yang meresahkan para penggunanya. Ulah para hacker tersebut harus diwaspadai. Sewaktu-waktu mereka bisa saja datang kembali untuk menyerang dan menimbulkan masalah baru.

Share this Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.