Robot dan Drone Volvo yang Solutif untuk Masalah Kebersihan Lingkungan

Robot Volvo yang efektif untuk membantu membersihkan lingkungan

Sejak pertama kali diperkenalkan pada bulan September tahun lalu, Volvo yang mengusung sebuah konsep robot otonom yang berukuran kecil, ia mulai untuk menata sebuah prototype kerja. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki keseriusan untuk menekuni teknologi tersebut dan bermaksud untuk mengembangkannya dan meraih kesuksesan karenanya.

Drone Volvo yang mampu mendeteksi adanya sampah

Proyek ini mereka beri nama “Roary”. Dalam empat bulan terakhir ini, konsep tersebut telah diperluas hingga mencakup tentang menggunakan drone yang mampu lepas landas melalui atas truk pengangkut sampah. Drone Volvo ini nantinya akan berfungsi sebagai pengintai dari udara yang akan mengidentifikasi kaleng-kaleng yang perlu dikosongkan.

Melihat tugas Roary tersebut, nampaknya tugas tersebut cukup terpuji dan unik. Mereka mengumpulkan sampah dan memasukkannya ke dalam truk sampah. Kemampuan Drone Volvo ini akan tergantung pada beberapa sensor yang tersemat pada alat tersebut, kamera, GPS, radar inframerah, giroskop, dan accelerometers. Dengan beberapa fitur tersebut, drone mampu bekerja dan melakukan navigasi meski di area yang ada hambatannya.

Sebelum menggunakan robot dan drone untuk memudahkan pekerjaan tertentu, para peneliti harus memetakan lingkungan atau area dan jalan yang akan mereka gunakan untuk melakukan uji kelayakan. Setelah itu, mereka dapat memasukkan data mengenai lingkungan dan jalan tersebut ke dalam software yang terdapat di dalam robot. Hal ini akan sangat membantu untuk mendeteksi adanya sampah di lokasi tersebut. Selain itu, dengan melakukan pemetaan tersebut, robot dan drone dapat melakukan tugas secara otomatis berdasarkan rute yang telah diatur melalui softwarenya.

Anggota divisi Robotika Volvo mengatakan bahwa penerapan teknologi pengumpulan sampah ini sangat efektif karena selama ini banyak orang yang hanya menyerahkan urusan sampah kepada para petugas kebersihan. Banyak pula orang yang tidak sadar untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah sembarangan.

Demikianlah informasi tentang teknologi terbaru yang pastinya akan sangat bermanfaat dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Teknologi ini akan menjadi solusi yang sangat tepat untuk membantu para petugas kebersihan untuk mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di jalanan atau area terbuka.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo