Password Baru Tanpa Angka Dan Huruf

Napa Sae-Bae, seorang mahasiswa yang tengah menyelesaikan gelar Doktor di Polytechnic Institute of New York University menemukan cara baru untuk membuat password. Cara ini lebih aman digunakan karena tidak memerlukan pengetikan angka atau huruf seperti layaknya password pada umumnya.

Napa Sae-Bae menggunakan password pada iPad miliknya dengan cara membuat gerakan swipe dengan jarinya. Ya, cukup dengan menyentuhkan jari ke layar iPad dang menariknya hingga bertemu ditengah Sae-Bae sudah bisa membuka aplikasi di Ipad miliknya.
Namun ketika orang lain meniru gerakan tersebut untuk membuka aplikasi,aplikasi tidak bisa terbuka. Itu semua karena aplikasi tak hanya menganalisa gerakan swipe si pengguna tetapi juga kecepatan melakukannya. Sehingga hanya benar-benar si pengguna yang bisa mengaksesnya. Jadi,sulit bagi orang lain meniru gerakan otentik si pengguna.

Sae-bae dan Nasir Memon dosen pembimbing yang membantu penelitian ini, berharap gerakan swipe bisa menjadi alternatif password, terutama di era perangkat yang serba layar sentuh.

“Saya rasa saat ini kita berada dalam kesempatan yang memungkinkan interface berubah,” kata Memon.

Mereka berharap penelitian ini akan berlanjut dan aplikasi ini akan menjadi password yang lebih aman, mudah diingat dan menjadi password alternatif yang menyenangkan tentunya.

Sahrul
Biasa dikenal dengan nama "Yungky", mungkin karena wajahnya mirip dengan salah satu DJ ternama di Indonesia yang dipanggil "Wingky" (ngarep). Tiada hari tanpa main game, makanya lebih sering menggunakan PC dibanding Mac