Teknologi ARM Cortex – A32 dengan Konsumsi Daya Rendah

Nampaknya beberapa perusahaan telah bergeser dari produksi smartphone dan tablet ke produksi teknologi yang lebih canggih dan kekinian. Beberapa perusahaan yang memproduksi chip, seperti Qualcomm, Intel, dan MediaTek kini telah memilih untuk memproduksi suatu teknologi baru yang biasa disebut Internet of Things. Bahkan ARM Holdings kini telah merilis desain terbaru Cortex – A32 yang dinilai lebih efisien. ARM Cortex – A32 ini nantinya mungkin akan “memaksa” perusahaan lain untuk memperoduksi teknologi yang serupa tapi tak sama.

Cortex - A32 dengan RAM yang relatif kecil

Pada dasarnya, Cortex – A32 ini dibangun pada arsitektur ARMv8 yang telah sukses mendesain beberapa CPU Cortex, seperti Cortex – A53, Cortex – A57, Cortex – A72, dan Cortex – A35. Mungkin ARMv8 ini telah dikenal sebagai arsitektur yang mampu merancang CPU dengan 64 – Bit. Namun demikian, CPU tersebut juga didukung dengan petunjuuk CPU 32 – Bit. Untuk menjalankan tugasnya, Cortex – A32 ini akan didukung dengan 32 – Bit, Mungkin hal ini sedikit terdengar aneh. Tapi ini merupakan sebuah wujud efisiensi yang ingin ditingkatkan oleh perusahaan ini. Hingga saat ini perusahaan telah mengklaim bahwa Cortex terbaru ini lebih efisien dari segi daya yang digunakan, yaitu 25% lebih sedikit daripada Cortex – A7.

Cortex – A32 ini juga disebut-sebut akan menggunakan paling besar adalah 4 GB. Bahkan, teknologi ini juga dapat menggunakan RAM yang hanya sebesar 1 GB. Mungkin anda akan bertanya-tanya kenapa teknologi terbaru ini hanya menggunakan RAM yang relatif kecil. Perlu anda ketahui bahwa semua keputusan yang diambil telah melalui berbagai pertimbangan yang ketat. Teknologi ini juga dapat digunakan pada smartwatch atau IoT.

Saat ini IoT memang sedang memanas dan akan menjadi teknologi yang paling dicari tahun ini. Cortex – A32 yang akan digunakan pada IoT tersebut nantinya juga akan mempimpin pasaran dengan keistimewaan konsumsi daya yang lebih rendah.

Demikianlah sedikit informasi tentang teknologi Cortex terbaru yang akan menjadi trend di kalangan masyarakat. Teknologi yang satu ini akan membuat gebrakan baru yang akan membuat siapapun terkesima dibuatnya.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo