Micro Air Vehicles: Kendaraan Tanpa Awak dengan Desain Sayap Kelelawar

MAVs yang memanfaatkan inspirasi dari sayap kelelawar

Teknologi semakin berkembang. Banyak hal dalam kehidupan yang menginspirasi dibuatnya sebuah teknologi yang pastinya akan memudahkan setiap aktivitas manusia. Salah satu teknolgi yang dikembangkan dengan inspirasi kehidupan adalah MAVs yang merupakan kepanjangan dari Micro Air Vehicles. Teknologi ini merupakan pengembangan sebuah kendaraan yang mampu beropesai tanpa menggunakan bantuan awak. Apakah anda pernah membayangkan desain kendaraan tanpa awak ini?

Pesawat tanpa awak dengan kombinasi tenaga listrik dan polimer

Bagaimana cara kerja kendaraan jenis ini? Yeah, kendaraan tersebut menggunakan inspirasi dari sayap kelelawar yang mampu menahan terpaan angin. MAVs ini tidak memerlukan pemeliharaan khusus yang akan memberatkan pemiliknya. Selain itu, kendaraan canggih ini juga membutuhkan biaya operasi yang lebih rendah dibandingkan jenis teknologi canggih lainnya. Desain sayap kelelawar pada kendaraan ini sangat memukau dan pastinya akan membuat setiap orang yang melihatnya akan terpana.

Yeah, sayap pada kendaraan tanpa awak ini memanfaatkan kombinasi antara polimer dan tenaga listrik. Kombinasi ini akan berguna untuk mendekung perubahan bentuk sayap sesuai yang diperlukan. Tegangan digunakan untuk elektro aktif polimer yang terdiri dari membran sayap. Besarnya tegangan yang diperlukan akan menyesuaikan berdasarkan beban yang dibawa. Sayap kendaraan akan melebar dan menjadi lebih kaku jika mendapatkan tambahan beban. Para peneliti mengatakan bahwa sayap yang digunakan ini akan memungkinkan MAVs untuk melakukan penerbangan dengan jarak yang lebih jauh dari pada teknologi sayap saat ini.

Pada dasarnya, MAV merupakan jenis UAV yang berbentuk kecil. Kendaraan tanpa awak ini merupakan pesawat udara berbentuk kecil yang sangat sesuai untuk keperluan-keperluan tertentu, seperti survey property, dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui bahwa komponen terpenting dalam MAVs ini adalah sayap. Apakah anda semakin penasaran dengan kendaraan yang canggih dan tanpa awak ini?

Demikianlah sedikit pembahasan tentang teknologi kendaraan terbaru yang mengaplikasikan sistem pada sayap kelelawar. Teknologi ini sangat cocok untuk kebutuhan saat ini yang sudah semakin kompleks. Anda harus mengetahui kendaraan tanpa awak ini lebih jauh lagi. Dengan demikian, anda dapat mengetahui setiap detail dari MAVs tersebut.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo