Tenaga Surya Terbesar Di Dunia Kini Telah Hadir Menjadi Solusi

Pembangkit listrik tenaga surya di Maroko

Tenaga surya merupakan salah satu sumber energi yang digunakan oleh manusia untuk men-support aktivitas sehari-hari. Tenaga surya tersebut pada akhirnya akan menghasilkan energi listrik yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Namun, tenaga surya ternyata belum dapat digunakan oleh semua masyarakat di berbagai belahan dunia. Meski demikian, Noor Concentrated Solar Power yang beroperasi di Maroko berhasil membuat tenaga surya terbesar di dunia. Tenaga surya ini mampu memenuhi kebutuhan hingga 1,1 juta orang. Fantastis bukan?

Pembangkit listrik tenaga surya dengan memanfaatkan panas matahari

Tenaga surya ini mampu menyimpan energi untuk kebutuhan di masa depan. Dengan demikian, tenaga ini dapat menjadi solusi jika suatu saat terjadi gangguan listrik atau masalah lain. Hingga saat ini, tenaga surya untuk rumah tangga ini mampu menyimpan daya hingga 160 megawatt (MW). Kemampuannya terus ditingkatkan hingga mencapai titik maksimal. Pada dua tahun yang akan datang, tenaga surya ini diprediksi akan mampu menyimpan daya hingga 500 MW.

Bisakah anda membayangkan betapa pentingnya tenaga surya ini? Tenaga surya ini mampu menjadi solusi bagi masalah sumber tenaga yang ada di dunia. Sebelumnya, bahan bakar fosil merupakan sumber tenaga yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Bahan bakar fosil berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Dengan demikian, jika sumber daya alam tersebut habis, maka bahan bakar fosil tidak dapat diproduksi lagi. Untuk itu, pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia ini sangat cocok untuk diterapkan sebagai sumber tenaga terbesar di dunia.

Maroko, sebagai salah satu Negara yang memiliki akses yang mudah ke Gurun Sahara, dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil banyak keuntungan dengan dibangunnya pambangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia tersebut. Selain mendapatkan keuntungan berupa sumber energi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya, Maroko juga dapat mengambil keuntungan dari segi finansial.

Apakah anda setuju dengan dibangunnya pembangkit listrik tenaga surya? Jika hal tersebut merupakan solusi yang tepat, mengapa kita tidak mendukungnya? Namun demikian, langkah awal yang harus kita lakukan adalah dengan menghemat pemakaian energi dengan sebaik-baiknya.

Humam Nugroho
#passer seumur hidup dan musisi yang suka main band-bandan. sangat suka dengan sesuatu yang mirip @agnezmo