Hal Yang Perlu diperhatikan Jika Ponsel Android Anda Sering Restart Secara Otomatis

PCtren – Ponsel Android Anda pernah atau bahkan seringkali melakukan restart sendiri (Auto Restart) ? HH memang akan melakukan restart secara otomatis bila panas sudah tidak bisa ditoleransi oleh system. Artinya ini semacam proteksi perlindungan yg membuat hh kita awet. Sebelum Anda menuduh produsen ponsel Anda gagal dalam membuat sebuah produk, ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini jika ponsel Anda pernah atau seringkali restart secara otomatis.

 

Gunakan SD-CARD kelas tinggi (Class 10), bahkan kalau bisa yg UHS

Kelas rendah hanya akan membuat proses baca tulis jadi lambat akhirnya menggunakan arus listrik lebih banyak, yang berakibat pada panas yg ditimbulkan karena penggunaan listrik berlebihan tadi.

Coba Ganjal SD Card dengan Kertas untuk SD Card VGen

Karena sd-card merk VGen ini tipis, sehingga tekanan ke plat jadi kurang kuat, solusi ganjal saja dengan kertas timah atau bungkus rokok dalamnya, sampai dirasa cukup ketat. Tekanan yg kurang kuat mempengaruhi arus listrik dan data terhantar, sehingga terjadi fluke ketika posisi sedang tidak menempel dengan baik, walhasil penghasil panas dan kerusakan sd-card bermula dari sini. Juga kalau yg belum beli sebaiknya jangan pakai merk V-Gen kelas rendah kecuali Class 10.

Sinyal Lemah

Kelemahan utama CDMA adalah sistem bts yg berbeda dengan GSM, juga kerapatan yg tidak serapat GSM. Masalah waktu saja. CDMA merupakan pendatang baru, sehingga BTS belum terpenetrasi sebanyak GSM. Ketika sinyal jelek, apalagi ketika penggunaan EVDO yang menggunakan multi kanal buat mendukung data kecepatan tinggi, otomatis hh akan menaikkan terus daya penerimaan, agar koneksi dapat terjaga dengan baik. Bicara daya/arus, berarti bicara penghasil panas. Solusi pindahkan ke mode 1x saja.

Bila Sudah Root, Pasang Tweak

Untuk kestabilan system, optimasi dan membuat Android menjadi cepat. Ikuti tutorial tweak/maximizing yang ada di sini. Ini akan membuat hh anda lebih dingin dan speedy. Karena system akan jauh lebih efisien, sehingga penggunaan arus menjadi minimal. Dan akan meminimalkan resiko restart.

Jangan Main Games sambil Charge Baterai

Bermain games saja, sudah menghasilkan panas berlebih. Karena menggunakan utilitas cpu secara maksimal agar games bisa berjalan mulus. Ditambah lagi Anda melakukan charge baterai disaat yang sama, itu sama saja seperti Anda menyiram kompor dengan minyak, cara kerja charging adalah ‘membakar’ sel di battery agar kembali ‘restore’.

 

 

Intinya, mengerti dulu apa penyebab panas, dan minimalkan. Jika Anda telah menerapkan cara-cara yang telah disebutkan diatas, namun ponsel Anda masih tetap melakukan restart otomatis, disarankan untuk langsung membawa ponsel Anda ke gerai ponsel Anda untuk ditangani langsung oleh ahlinya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Cara Mengembalikan IMEI Ponsel Android yang Hilang

Next Post

Trik Mengurangi Pemakaian RAM dengan Menonaktifkan Service yang Tidak Terpakai

Related Posts