Facebook di India Menuai Kontroversi Lagi!

Pro Kontra Facebook Free Basic Voting Khusunya di IndiaMasih segar di ingatan masyarakat akan aplikasi facebook yang mampu menghubungkan setiap orang dari belahan dunia manapun. Dan masih segar di ingatan masyarakat pula bahwa facebook telah memberikan kontribusi dalam menyatukan setiap orang yang terpisah lama. Namun, juga facebook menorehkan hal buruk seperti facebook di India.

Facebook di India Menuai Kontroversi

Sekali lagi facebok di india mendapat sorotan, jika dulu sorotannya dikarenakan salah satu india hina islam di facebook sehingga menuai banyak protes kini perusahaan facebook itu sedang ramai disebabkan oleh kampanye free basic yang dilantunkan oleh facebook ini. Free basic yang dikampanyekan oleh facebook di india ini membolehkan facebook memposting artikel atau tulisan yang disetujui oleh pihak facebook itu sendiri. Banyaknya pro dan kontra yang terjadi mengenai wacana ‘’free basic” yang dikampanyekan facebook, perusahaan facebook menyelenggarakan diskusi terbuka.

Selain itu, pihak facebook diduga melakukan kecurangan dengan melakukan trik bagi pengguna facebook di luar wilayah untuk memberikan dan mengirim kepada TRAI mengenai free basic. Selain itu TRAI mengaku mendapatkan feedback sekitar 2.4 juta dengan 1.9 juta setuju dengan rencana free basic oleh facebook. Pertanyaanya adalah di mana suara yang menentang rencana ini? Lalu dengan berbagai intrik yang ada pada facebook ini jalan yang terbaik bagi india adalah menginfestasikan uangnya untuk memperbaiki domain yang dimiliki oleh India sendiri bukan?

Septa Modzo
Vokalis utama @officialSAMband, fans berat duta So7, dan pernah kuliah di jurusan matematika