Review Asus Zenfone Selfie Indonesia

Sahrul
Sahrul

Asus Zenfone Selfie adalah smartphone terbaru yang dipublikasikan vendor asal Taiwan, Asus sebagai smartphone selfie tangguh. Tak tanggung tanggung, Asus membenamkan lensa kamera depan beresolusi 13 MP dengan fitur dual tone LED flash sama seperti apa yang dimiliki oleh kamera belakangnya. Asus Zenfone Selfie sendiri ditargetkan untuk segmen pasar menengah keatas.

Kehadiran Asus Zenfone Selfie ini tentunya akan menambah euforia trend selfie yang kian populer saat ini. Apalagi harga Asus Zenfone Selfie lebih terjangkau dibanding harga smartphone flagship lain di kelasnya. Lantas selain fitur kamera gahar dan mumpuni pada Asus Zenfone Selfie, spesifikasi dan fitur apa sajakah yang dibawakan dengan label harga terjangkau ini? Mari kita simak ulasan review spesifikasi Asus Zenfone Selfie selengkapnya dibawah ini.

Desain
Asus Zenfone Selfie hadir dengan desain balutan material plastik, masih sama seperti seri-seri Zenfone pendahulunya. Nampaknya, Asus ingin membuat image desain seragam untuk seri Zenfone buatannya. Asus Zenfone Selfie memiliki dimensi 156.5 x 77.2 x 10.8 mm serta berat 170 gram. Dengan desain melengkung (rounded) di setiap ujungnya serta bagian belakang yang melengkung, Asus Zenfone Selfie cukup aergonomis dan nyaman digenggam. Material plastik bagian belakang yang nampak memiliki pattern garis-garis horizontal pun membuatnya tidak licin saat digenggam. Namun, penempatan tombol-tombol yang sedikit berbeda dengan smartphone lainnya, menurut penilaian PCTren masih kurang baik. Tombol power yang terletak dibagian atas ponsel, menyulitkan pada saat penggunaan dengan satu tangan. Namun, untungnya Asus telah menyediakan Zenmotion pada smartphone ini, sehingga kita hanya perlu mengetuk layar dua kali untuk mematikan dan menghidupkan layar. Begitu pula halnya pada saat mengontrol volume, kami merasa kesulitan karena tombol volume terletak di bagian belakang, di bawah kamera utama. Tapi ini kembali lagi ke kebiasaan masing-masing pengguna.

asus1-min

asus2-min

asus3-min

Layar dan Grafis
Hadir dengan ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, Asus Zenfone 2, yaitu 5.5 inchi, Asus Zenfone Selfie memiliki beberapa keunggulan pada layarnya dibandingkan saudaranya tersebut. Asus Zenfone Selfie memiliki layar dengan resolusi 1080 x 1920 pixels dan kerapatan mencapai ~403 dpi. Hal ini membuat kamu akan benar-benar dibuat nyaman saat melihat grafis smartphone ini, apalagi saat menonton video dan memainkan game 3D karena sudah didukung oleh GPU Adreno 405 dari Qualcomm. Untuk menambah kenyamanan ini Asus menyematkan fitur Bluelight Filter pada smartphone besutannya ini, sehingga cukup aman bagi mata walaupun digunakan berlama-lama. Sedangkan untuk proteksi layarnya, Asus Zenfone Selfie telah dilapisi dengan teknologi terbaru dari Corning, yakni Corning Gorilla Glass 4.

asus4-min

asus5-min

Performa
Dapur pacu Asus Zenfone Selfie didukung oleh Qualcomm Snapdragon 615 dengan 8 (delapan) chipset ARM Cortex berkecepatan 1.5 GHz serta disematkan RAM sebesar 3 GB. Penyematan RAM 3GB tersebut dilakukan Asus bukan tanpa tujuan. Asus nampaknya hendak menyiasati isu yang menyebutkan bahwa Snapdragon 615 menyebabkan smartphone sangat cepat panas. Terbukti, dari pengalaman PCTren menggunakan Asus Zenfone Selfie, pada penggunaan normal suhunya mencapai 27o C. Sedangkan pada saat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti game 3D, suhunya mencapai 40o C saja. Dilengkapi dengan GPU Adreno 405, membuat performa Asus Zenfone Selfie makin mantap. Baterai yang dipakai pun cukup mumpuni, dengan Li-Polymer 3000 mAh membuat Asus Zenfone Selfie dapat bertahan dalam waktu yang raltif lama. Pada penggunaan normal, Asus Zenfone Selfie dapat bertahan 13 sampai 14 jam.

Kamera
Sesuai dengan fitur yang coba ditonjolkan Asus, pada smartphone ini disematkan kamera depan dan belakang dengan kemampuan yang sama, yaitu sebesar 13 megapixel. Keduanya pun telah dilengkapi dengan dual tone LED flash, sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik saat digunakan pada ruang atau tempat dengan pencahayaan yang minim. Pada bagian depan, kita dapat menemukan kamera dengan lensa yang lebih besar daripada kamera depan pada smartphone umumnya. Hal ini pula yang menyebabkan dimensi Asus Zenfone Selfie sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 2. Angle yang dapat dijangkau oleh kamera depan Asus Zenfone Selfie cukup luas, sehingga kamu bisa mengambil foto groufie beramai-ramai. Fitur dan mode kamera yang disediakan pun cukup banyak. Salah satu mode kamera yang cukup menarik adalah mode Panorama Selfie yang dapat kamu gunakan untuk mengambil foto panorama sambil selfie menggunakan kamera depannya.

asus7-min

asus8-min

Fitur Lainnya
Pada sisi perangkat lunaknya, Asus Zenfone Selfie didkung oleh OS Android Lollipop 5.0.2. Pada paket penjualan, dalam smartphone ini sudah terinstall aplikasi-aplikasi google serta aplikasi-aplikasi utilitasi dari Asus. Selain itu, smartphone ini telah didukung dengan Zenmotion yang dapat memudahkan kamu melakukan pengoperasian dengan gesture sentuhan. Walaupun dengan ukuran layarnya yang cukup besar, kamu masih bisa mengoperasikannya dengan satu tangan dengan disediakannya fitur One Hand Mode. Dengan fitur ini, kamu dapat mengatur ukuran tampilan pada layar hingga 3.5 inchi. Dilihat dari aplikasi-aplikasi tambahan yang disediakan Asus pada smartphone ini, nampaknya Asus ingin memberikan pelayanan after sales terbaiknya kepada konsumen. Dengan aplikasi yang disediakan, kamu dapat mendapatkan berita-berita update eksklusif dari Asus. Bahkan, bisa melakukan real time chat dengan layanan pelanggan dan mencari lokasi pusat layanan terdekat langsung dengan menggunakan aplikasi-aplikasi Asus dalam smartphone ini.

Kartu Sim Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Dimensi / Berat 156.5 x 77.2 x 10.8 mm / 170 g
Tipe Layar IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 5.5 inches, resolusi 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density) + Pelindung Corning Gorilla Glass 4, oleophobic coating
Memori Internal 16/32 GB, Eksternal microSD, up to 64 GB
Kapasitas Ram 2/3 GB RAM
Sistem Operasi Asus ZenUI (Android Lollipop V5.0)
Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
Processor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
Internet HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0, NFC, microUSB v2.0 (MHL TV-out), USB Host
GPS A-GPS, GLONASS
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kamera Depan 13 MP, 1080p, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Baterai Li-Po 3000 mAh
Share this Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.