Review Asus ZenBook UX305 : Si Tipis Yang Menggoda

Tren apa yang tengah difavoritkan orang tentang laptop masa kini? Sudah pasti desain yang langsing, ringan, namun juga berkinerja kencang, dan saraat fitur unggulan untuk menunjang produktivitas. Umumnya orang mudah berpaling produk kompetitor yang mempelopori desain yang tipis, namun kini ASUS juga mempersembahkan mahakarya unggulan yang tak kalah tipisnya lewat seri ZenBook UX305.

ASUS ZenBook UX305 yang diperkenalkan resmi bulan Maret 2015 lalu bisa dibilang sebagai notebook berlayar 13,3 inci resolusi QHD+ tertipis di dunia dengan ketebalan hanya 12,3mm. Meskipun bertubuh amat ramping namun material luarnya terbungkus alumunium menyeluruh yang membuatnya kokoh sekaligus tampak elegan. Meski memakai material alumunium disepanjang tubuhnya namun bobot laptop dengan cover bernuansa Zen yang melingkar ini hanya 1,2kg.

Asus Zenbook UX305 Design

Desain indah yang begitu menawan dari ASUS ZenBook UX305 membuatnya meraih penghargaan Good Design Award 2014 dari Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan 2015 iF Design Award. Penghargaan juga diperoleh dari ajang 2015 CES Innovation Awards dan 2015 Taiwan Excellance.

Semua penghargaan ini membuktikan bahwa ZenBook UX305 merupakan ultrabook dengan desain istimewa diantara produk serupa yang pernah ada. Desain seperti ini memang ditujukan bagi pengguna moderen yang menyukai produk dengan cita rasa seni yang tinggi dan mampu memancarkan pesona gaya hidup mereka.

Asus Zenbook UX305 tipis

Asus Zenbook UX305 Award

ASUS ZenBook UX305 hadir dalam pilihan warna aurora gold, ceramic white, dan obsidian stone black dengan bagian cover yang makin diperindah dengan tekstur melingkar khas Zen. Untuk menghasilkan bentuk permukaan yang unik ini sendiri dilakukan 32 tahap pemolesan tersendiri. Sisi pinggir (lis) sepanjang bodi pun memakai gaya potongan permata yang makin mempercantik penampilan fisiknya. Asal tahu saja, bodi notebook ini dibuat dari alumunium padat yang dipotong dan ditekan dengan pengikir presisi bertekanan 160 ton untuk menghasilkan bentuk yang tepat dan halus.

Kinerja Tinggi dengan Intel Core M

Asus Zenbook UX305 Performance

Selain desain yang cantik, ASUS merancang ZenBook UX305 agar mampu bekerja optimal untuk berbagai aktivitas. Dukungan Intel untuk peranti bermobilitas tinggi ikut diimplementasikan di ZenBook UX305 melalui penggunaan prosesor generasi mobile terbaru, Intel Core M. CPU dengan level TDP hanya 4,5 watt ini mampu menyajikan kinerja 50% lebih cepat namun dengan konsumsi daya yang justru 60% lebih hemat. Bersama Core M ini pula terintegrasi chip grafis Intel HD5300 yang mendukung output ke layar TV beresolusi 4K (Ultra HD) yang mulai populer  tahun ini.

Kombinasi Intel Core M selanjutnya dengan RAM 8GB dan media penyimpanan SSD yang lebih cepat dibandingkan harddisk konvensional menciptakan sistem yang mantap untuk menjalankan tugas-tugas office hingga menikmati hiburan multimedia.

Data Speed

Jika dibandingkan dengan harddisk cakram tipe 5400 RPM maka kinerja ZenBook UX305 dengan SSD ini mampu membaca file data ukuran 256GB hingga 6X lebih cepat. Saat membuka aplikasi pun kinerja ZenBook UX305 akan lebih gegas dibandingkan sistem yang memakai Intel Core i5 yang memakai harddisk konvensional. Perbedaan tersebut akan nyata dirasakan pemakai setiap saat sehingga aktivitas komputasinya akan berlangsung lebih lancar.

Konektivitas Lebih Pesat

Konektivitas nirkabel pun tak kalah canggih dengan teknologi WiFi Dual-Band Two-Stream 802.11ac yang 3x lebih cepat dalam transmisi data, jangkauan 2x lebih luas, serta 6x lebih irit daya dibandingkan produk yang menggunakan teknologi nirkabel 802.11n. Kelebihan ini membuat transmisi dapat saat berinternet atau terhubung ke gadget lainnya jadi lebih kencang.

Pengguna yang sering membawa gadget akan terbantu dengan port USB 3.0 yang tak hanya menawarkan kecepatan transfer data 10x lebih cepat dari USB 2.0, namun juga bisa mengisi ulang gadget 50% lebih cepat dibandingkan koneksi USB umumnya. Ini berkat teknologi Asus USB Charger+ yang bahkan tetap dapat men-charge gadget meski laptop dalam kondisi off. Dalam hal kemampuan mengisi baterai gadget dengan lebih cepat inilah ASUS tampak lebih unggul dibandingkan kompetitor yang hanya sekedar menawarkan charge baterai semata. Oh ya, ASUS ZenBook UX305 menyediakan hingga 3 buah USB 3.0 yang lebih banyak dibandingkan kompetitor. Semua lubang port I/O di ASUS ZenBook UX305 dibuat dengan mesin bor terkomputerisasi yang memperhatikan detil amat presisiagar terbentuk indah dan sempurna.

Tak lupa untuk memberikan dukungan koneksi lebih lanjut ke prangkat lain juga telah disiapkan fungsi Bluetooth 4.0 yang menyajikan hubungan nirkabel antar perangkat dengan stabil dengan tingkat transfer data 24Mbps yang stabil hingga jarak 10 meter. Sedangkan untuk menyalurkan tayangan audio-video ke player dengan displai lebih luas juga tersedia jalur micro HDMI 1.4b.

Kualitas Audio yang Mantap

Asus Zenbook UX305 Sonic Master Bang and Olufsen

Meski konsumen banyak menggunakan notebook untuk bekerja namun adakalanya mereka juga berharap laptop mereka bisa tampil lebih menghibur. Selain dukungan visual, faktor audio/suara menjadi hal yang juga mereka perhitungkan saat membeli notebook. Karena itulah tim ASUS Golden Ear menjawab kebutuhan ini dengan menggabungkan teknologi audio SonicMaster dengan ICEpower dan penggunaan speaker Bang & Olufsen. Hasilnya, suara yang muncul dari ASUS ZenBook UX305 terdengar jernih dan kuat.

Layanan Cloud Terintegrasi

Anda termasuk doyan mendownload/upload dan berbagi-pakai file di Internet? Ingin agar Anda mudah mengambil file dimana saja tanpa harus tergantung dari satu perangkat? Nah, setiap pembelian ASUS ZenBook UX305 juga akan mendapatkan layanan cloud  ASUS WebStorage sebesar 16GB secara gratis untuk 1 tahun pertama. Pengguna bisa menyimpan foto dan berbagai dokumen disini berkat antarmukanya yang praktis dan mudah.

Keamanan yang Terjamin

Asus Zenbook UX305 Data Protection

Faktor keamanan ternyata mendapat porsi serius di ASUS ZenBook UX305. Meskipun tergolong sebagai ultrabook bergaya namun disini juga disertakan fasilitas sekuriti yang umumnya dimiliki notebook kelas bisnis. Ada beberapa fasilitas sekuriti yang tersedia di ultrabook ini:

  1. Proteksi Boot dengan Password

Fitur proteksi standar dengan kata kunci rahasia untuk masuk dalam sistem.

  1. Proteksi Harddisk dengan Password

Fitur proteksi untuk mengakses kedalam harddisk/SSD.

  1. Proteksi Konektor I/O

Fitur pengunci berbagai koneksi input-output (WiFi, audio, dan koneksi USB)

  1. Proteksi LoJack

Melalui fitur sekuriti “LoJack”, pengguna ASUS ZenBook UX305 akan dapat mengetahui lokasi laptop melalui jalur WiFi atau alamat IPdan melakukan tindakan pengamanan segera seperti mengunci data-data penting ataumenghapus data secara permanen.

Sistem pengaman seperti ini dimungkinkan karena teknologi LoJack ditanamkan langsung dalam BIOS (firmware) didalam ASUS ZenBook UX305. Ketika diaktivasi melalui paket Absolute LoJack yang ditawarkan terpisah, pengguna akan langsung mendapatkan layanan sekuriti ini. Tak perlu lagi cemas bila laptop tercuri atau hilang karena Andalah yang memegang kendali atas data didalam laptop dimana Anda dapat mengunci harddisk dan menghapus data didalamnya. Keberadaan laptop pun dapat segera diketahui dan Anda dapat kembali memulihkan data yang terkunci dengan mudah.

Lewat fitur-fitur sekuriti inilah ZenBook UX305 akan ideal bagi Anda yang selalu menyimpan banyak data krusial di laptop dan tak ingin materi tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak berhak. Bisa dibilang, inilah ultrabook fashion yang peduli pada masalah keamanan.

Layar Resolusi Tinggi Memukau

Asus Zenbook UX305 Layar

Beralih ke bagian layar 13,3 inci di ZenBook UX305, ASUS menggunakan panel IPS yang memberikan sudut pandang hingga selebar 170 derajat yang membuatnya tetap jelas terlihat dari sudut tersebut. Layar dengan kecerahan 300 cd/m2 ini juga dilapis material anti pantulan agar gambar tampil lebih cerah dan tak menyilaukan mata. Teknologi displai disini juga mampu menghasilkan gamut/gradasi warna hingga 72% rentang standar NTSC untuk menyajikan tampilan lebih alami.

Keberadaan sensor cerdas juga mampu mendeteksi cahaya disekitar pengguna dimana selanjutnya layar akan melakukan penyesuaian kecerahan displai. Efeknya, pengguna akan merasa lebih nyaman memandang meskipun untuk waktu yang lama.

Asus Zenbook UX305 Resolusi

 

Seiring popularitas konten beresolusi tinggi, ASUS ZenBook UX305 juga mempersembahkan resolusi layar 3200×1800 (QHD+) dalam tingkat kerapatan 276ppi. Tidak banyak laptop sekelas yang mengusung besaran resolusi seperti ini. Resolusi QHD+ akan terlihat jauh lebih detil dibandingkan laptop yang mengusung resolusi WXGA+ (1440×900 pixel). Yang menarik, meski tingkat kecerahan mencapai 300 nits dan rasio kontras sebesar 500:1, namun tampilan tersebut tetaplah hemat energi alias tak memboroskan daya baterai. Sebagai informasi, ZenBook UX305 tersedia dalam pilihan layar QHD+ (3200×1800 pixel)  dan Full-HD (1920×1080 pixel).

Khusus untuk menjalankan video HDR digunakan algoritma khusus pada chip grafis internal (iGPU) agar menghasilkan tayangan yang lebih halus dan terang. Meski berproses lebih gegas namun tetap efisien karena menyita konsumsi daya lebih rendah guna menghemat baterai.

Bekerja Lebih Lama dan Lebih Hening

Asus Zenbook UX305 Baterai

Demi menyokong daya, Asus menempatkan baterai Lithium-polimer 3 sel 45Wh agar laptop dapat digunakan terus-menerus hingga 10 jam. Penggunaan baterai berteknologi polimer memiliki keunggulan dibandingkan baterai silinder konvensional seperti umur pakai yang 3x lebih lama dan juga mencegah kebocoran elektrolit.

Anda juga tak perlu sedikit-sedikit mematikan laptop saat tak dipakai karena feature sleep mampu mematikan komponen yang tak perlu demi menghemat daya yang bahkan mencapai 2 minggu berkat  teknologi Super Hybrid Engine II dari ASUS. Saat berada dalam kondisi standby ini Anda juga bisa mengaktifkan laptop kembali dalam waktu hanya 2 detik berkat feature Asus Instant On. Inilah fitur-fitur efisiensi energi unggulan yang akan bermanfaat bagi konsumen.

Pendingin Tanpa Kipas

Satu lagi keunggulan ZenBook UX305 adalah penggunaan sistem pendingin tanpa kipas yang membuat operasional notebook tetap hening. Notebook tetap hening saat Anda sedang bekerja,

menonton film, mendengarkan musik, atau bahkan bermain game yang kerap menyita sumber daya lebih besar. Sistem pendingin non fan ini dimungkinkan berkat penggunaan prosesor Intel Core M yang lebih dingin dibandingkan generasi sebelumnya dan juga mekanisme pembuangan panas di ASUS ZenBook UX305 yang efektif dengan jalur udara alami. Efeknya, daya pada baterai pun bisa lebih hemat. Penerapan teknologi IceCool juga mencegah suhu panas menjalar ke bagian sandaran tangan (palmrest) sehingga laptop tetap nyaman digunakan dalam waktu lama.

Meski Tipis, Mengetik Tetap Nyaman

Jika kebanyakan ultrabook berbodi langsing kurang nyaman untuk mengetik maka hal sebaliknya terjadi pada ASUS ZenBook UX305. Meskipun desain bodinya teramat tipis sehingga mengurangi kedalaman keyboard namun ASUS mendesain khusus setiap tuts dengan struktur berlapis karet dan gel-silika agar tekanan keyboard jadi lebih terasa nyaman.

Selain desain yang amat ramping, kinerja cepat hemat daya, dan layar berkualitas tinggi, Asus ZenBook UX305 tampak berdiri paling depan diantara laptop ultra-ringan yang ada berkat beragam keunggulan yang menyertainya. Asus ZenBook UX305 akan cocok untuk mereka yang mendambakan laptop ringan bergaya yang bisa diandalkan untuk tugas sehari-hari, sesuai dengan taglinenya: Fast, Slim, Beautiful.

 

Benchmark Kinerja ASUS ZenBook UX305

 

Asus Zenbook UX305 Benchmark 3dMark

Pengujian Ekstrim Demi Kualitas Terbaik

Untuk mendapatkan notebook berdaya tahan tinggi, semua notebook ASUS telah melalui proses pengujian yang memastikan setiap model tahan banting dan dapat diandalkan. Dalam prosesnya, semua notebook ASUS diuji dengan cara yang tidak biasa agar ketika sampai di tangan konsumen memang benar-benar memiliki adaptasi fisik yang kuat.

Tes Keyboard

Setiap tuts di keyboard diketuk berkali-kali oleh jemari robot untuk emmastikan keyboard nyaman dipakai dan tetap handal setelah tekanan yang keras sekalipun. Tes seperti ini umumnya diperlukan mengingat tiap tus di keyboard rentan lepas atau rusak setelah dipakai mengetik terus-menerus dalam waktu yang lama.

Tes Abrasif

Bodi bagian luar dari laptop diuji pada permukaan kasar untuk mengetahui daya tahan permukaan dan warna. Biasanya bagian terluar laptop memang mudah mengalami “aus” yang seringkali membuat penampilan berubah.

Tes Kebisingan

Untuk hadir sebagai notebook yang nyaman dipakai, tiap laptop menjalani tes kebisingan suara yang biasanya diakibatkan putaran kipas dan noise dari dalam laptop. Tes juga mencakup pengurangan level bising, tes kipas yang tak berisik, hingga cek segel disetiap komponen.

Tes Tekanan

Bagian layar yang tergolong paling rapuh dicoba dengan tekanan tertentu untuk memastikan cover pelindungnya cukup kuat menahan beban.

Tes Engsel

Faktor engsel yang seringkali bermasalah diuji dengan melakukan buka-tutup cover sedikitnya 20.000 kali untuk mengukur kekuatannya.

Tes Getaran

Tes ini dijalankan dengan menempatkan notebook pada beberapa kondisi/frekuensi getaran guna memastikan konstruksi luar dan bagian dalam dalam notebook ASUS tetap terpasang rapat dan tak lepas/kendur.

Tes Goncangan

Selama proses pengiriman/distribusi dan juga pemakaian harian, biasanya paket notebook akan mengalami goncangan. Tes ini memastikan setiap notebook tetap dapat beroperasi dengan baik setelah mengalami goncangan seperti ini.

Tes Pemelintiran

Seringkali orang membuka-tutup cover notebook dengan satu tangan yang menyebabkan bagian layar menjadi lentur. Uji ini mengukur seberapa kuat rangka bodi mampu melindungi keseluruhan notebook.

Tes Akselerasi Tinggi

Notebook akan dicoba digerakkan dalam kecepatan tinggi. Tes HALT (Highly Accelerated Life Test) merupakan simulasi pergerakan notebook untuk kemudian dianalisa teknisi untuk meminimalkan masalah yang mungkin terjadi.

Tes Port

Setiap port I/O akan diuji dengan memasukkan dan mencabut konektor berkali-kali untuk menjamin tiap lubang tetap kuat tanpa mengalami penurunan kualitas dan kecepatan transfer data.

Tes Temperatur

Inilah pengujian notebook terhadap suhu rendah dan tinggi serta berbagai level kelembaban udara. Setiap bagian notebook disini telah diperkuat untuk menjamin daya tahan yang tinggi menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Tes Jatuh

Akan sangat bagus bila sebuah notebook yang dijatuhkan tak langsung rusak. Rangkaian tes jatuh ini mampu mengukur seberapa kuat sebuah notebook bertahan terhadap berbagai kejadian yang tak terduga.

 Beberapa Alasan untuk Memilih ASUS

1.Keindahan Visual

Berbekal teknologi Asus Splendid yang digabungkan dengan sistem panel dan software canggih memungkinkan pemakai mengatur tampilan warna pada konten apapun. Hasilnya, tampilan layar akan tampak lebih hidup dan detil.

2.Suara yang Mengesankan

Teknologi khas SonicMaster menghasilkan kualitas audio yang berkelas. Output suara akan tampil lebih kuat, detil, dan akurat. Dukungan AudioWizard yang intuitif juga menyajikan 5 pilihan mode audio yang akan menyesuaikan mode suara sesuai kondisi yang diinginkan.

3.Fitur Sentuh Intuitif

-Ukuran aktuator (area) titik sentuh yang mencapai 6mm membuat layar sentuh lebih sensitif dan berpresisi tinggi. Sangat membantu untuk aktivitas menggambar atau menulis yang membutuhkan kecermatan tinggi.

-Keyboard ASUS mampu menerima tekanan puncak 62 gram yang merupakan nilai terbaik untuk mengetik cepat, akurat, dan tak melelahkan untuk waktu yang lama.

-Area Touchpad yang luas dengan fungsi lebih banyak membuat pergerakan jari jadi lebih leluasa dan memudahkan fungsi gesture yang lebih beragam.

4.Respon yang Cepat

-Fitur Instan On 2 detik dari kondisi standby sangat efisien menghemat waktu tunggu agar notebook segera siap dipakai bekerja.

-Berkat teknologi Super Hybrid Engine pada mainboard memungkinkan notebook dalam kondisi tidur (sleep) mampu bertahan hingga 2 minggu lamanya.

-Fungsi backup otomatis membuat sistem segera melakukan penyimpanan data (backup) pada saat kapasitas baterai tersisa kurang dari 5%.

5.Layanan Cloud ASUS WebStorage

Fasilitas penyimpanan data berbasis cloud dengan antarmuka user friendly yang memudahkan pengguna berbagi-pakai konten dengan mudah dan cepat kepada keluarga dan teman-teman, kapan pun dan dimana pun.

Sahrul
Biasa dikenal dengan nama "Yungky", mungkin karena wajahnya mirip dengan salah satu DJ ternama di Indonesia yang dipanggil "Wingky" (ngarep). Tiada hari tanpa main game, makanya lebih sering menggunakan PC dibanding Mac