Tips Mengatasi Ponsel Android Yang Lemot Tanpa Aplikasi

PCtren – Sama halnya seperti sistem operasi yang digunakan oleh perangkat desktop, sistem operasi Android yang digunakan pada ponsel juga dapat menurun kinerjanya setelah beberapa lama pemakaian. Namun sebelum Anda menuduh ponsel Anda yang memiliki kinerja tidak baik, ada baiknya Anda memperhatikan dahulu apa penyebab ponsel Android Anda menurun kinerjanya. Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi ponsel Android yang lemot tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Matikan Fitur Animasi

Dengan mematikan animasi, perpindahan menu ke menu lainnya akan terasa lebih cepat. Anda dapat mematikan fitur animasi ini dengan cara masuk ke menu Setting > Developer Options > matikan Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale.

Jangan Gunakan Live Wallpaper

Dengan tidak menggunakan Live Wallpaper, ponsel Android Anda akan terasa semakin cepat dan selain itu juga dapat menghemat konsumsi baterai Anda sehingga lebih irit. Usahakan gunakan Wallpaper biasa saja, untuk merubah Wallpaper Anda, masuk ke menu Setting > Display > lalu pilih Wallpaper yang Anda inginkan.

Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Banyaknya aplikasi pada ponsel Android Anda juga turut andil dalam menurunkan kinerja ponsel Android yang Anda miliki. Hapus beberapa aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan. Untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang atau tidak pernah Anda gunakan, masuk ke menu Setting > App > All. Anda juga dapat menghapusnya melalui Play Store namun diperlukan koneksi internet, buka Play Store > My Apps.

Kurangi Jumlah Widget

Widget bekerja dengan memakan memori sistem yang lumayan cukup besar. Maka dari itu dengan mengurangi Widget yang Anda gunakan, Anda dapat lebih meningkatkan performa ponsel Android Anda. Untuk menghapus Widget, Anda cukup tahan Widget yang ingin Anda hapus sampai muncul beberapa pilihan, lalu pilih hapus.

Gunakan microSD Berkecepatan Tinggi

MicroSD memiliki beberapa kelas yang mewakili kecepatan read-write pada microSD tersebut. Bagi Anda pengguna ponsel Android, usahakan untuk menggunakan microSD Class 10 yang memiliki kecepatan read-write sangat tinggi.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Spesifikasi Asus Zenfone 6

Next Post

Cara Membuka File RAR atau ZIP di Ponsel Android

Related Posts