Review Lenovo A6000

Ridwan Hanif
Ridwan Hanif

Mungkin anda bosan dengan Xiaomi Redmi 1S yang seringkali dibangga-banggakan oleh pemiliknya lantaran performanya yang sangat baik untuk smartphone dengan harga 1.5 juta Rupiah. Nah, kali ini Lenovo mengeluaran sebuah smartphone yang mungkin bisa dibilang sebagai pembunuh Xiaomi Redmi 1S dengan harga yang sama namun ia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Desain
Secara desain, Lenovo A6000 ini cukup baik meskipun masih terlihat seperti smartphone dengan harga terjangkau. Hanya saja pasti anda akan setuju bahwa smartphone ini di desain dengan baik dan memiliki finishing yang bagus.

Untuk anda yang membeli smartphone ini dan berharap tersedia dalam berbagai macam warna, sayangnya di smartphone ini hanya tersedia warna hitam saja. Namun Lenovo menjanjikan akan menyediakan back cover yang tersedia dalam warna merah, kuning dan putih yang dapat anda beli secara terpisah. Dan plastik belakang smartphone yang memiliki aksen matte ini sangat nyaman disentuh meskipun dalam pemakaian yang cukup lama kami agak sedikit meragukan kemampuannya.

Tombol untuk menaikan dan menurunkan volume terdapat di bagian samping kanan beserta tombol untuk mengunci layar. Uniknya lagi, 3 buah tombol yang berada di bawah layar untuk menekan home, back button dan menu button tidak memiliki backlight sama sekali seperti halnya kompetitor utamanya.

Layar
Agak sedikit riskan jika kita menggunakan layar smartphone ini tanpa pelindung layar, karena smartphone ini tidak dilengkapi dengan Gorilla Glass atau semacamnya, padahal kompetitornya sudah dilengkapi dengan Asahi Glass yang notabene berada di bawah Gorilla Glass secara performa. Kami sarankan untuk anda agar segera melapisi layar depannya dengan film ketika membeli smartphone ini.

Layar dengan ukuran 5 inchi yang dibesut oleh smartphone ini tentu saja lebih besar dibandingkan dengan kompetitornya, layar IPS dengan resolusi 720 x 1280 memberikan impresi yang cukup baik mengingat harganya yang terjangkau, hanya saja dibawah matahari terik, warnanya tidak terlalu bagus. Kerapatan pixel sebesar 294 ppi memberikan tampilan yang cukup baik untuk smartphone di kelasnya.

Performa
Performa yang dijanjikan oleh Lenovo A6000 cukup menggiurkan mengingat ia sudah dilengkapi dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 410 Quadcore dengan kecepatan 1.2 Ghz, RAM 1 Gigabyte dan memori internal sebsar 8 Gigabyte. Untuk masalah grafis, smartphone ini dibekali dengan Adreno 306 GPU yang sudah bundling dengan prosessornya. Spesifikasi ini merupakan spesifikasi yang sama dengan Xiaomi Redmi 1S bukan?

Namun karena spesifikasinya yang sama dan harganya yang sama dengan Xiaomi Redmi 1S, tentunya kita akan dibuat bimbang antara kedua smartphone tersebut. Tapi ada hal yang tidak bisa anda bandingkan dengan smartphone ini karena dengan harga 1.5 juta Rupiah, anda mendapatkan sebuah ponsel dual sim dengan dukungan jaringan 4G disini.

Ya sebuah smartphone 4G dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan smartphone 2 jutaan pun belum tentu dilengkapi dengan jaringan ini, sehingga jika beberapa bulan atau tahun ke depan jaringan 4G mulai menjadi tren di Indonesia, anda tidak perlu untuk mengganti ke perangkat baru untuk mendapatkan koneksi ke jaringan tersebut.

Menggunakan Android KitKat 4.4.4, Lenovo Vibe UI ini memberikan impresi yang sama seperti halnya Smartphone Lenovo lainnya. Penggunaan icon-icon yang mengarah ke gambar kartun dan penggunaan warna-warna cerah membuat smartphone ini lebih cocok digunakan anak muda dan anak-anak. Untuk saya secara pribadi, saya tidak begitu suka seperti halnya icon yang digunakan oleh iPhone.

Seperti halnya iPhone, Vibe UI tidak dilengkapi dengan app drawer seperti Samsung atau LG. Semua aplikasi dan widgets di taruh di halaman depan dan ketika kita melakukan swiping ke kiri dan kek kanan semua berjalan sangat lancar. Karena sudah menggunakan Dolby, Smartphone ini juga menyediakan apliaski untuk mengatur equalizer dan pengaturan efek suara yang cukup bagus.

Aplikasi lain yang mungkin akan familiar untuk pengguna smartphone Lenovo lainnya ialah SYNCit dan SHAREit yang akan mempermudah anda dalam mentransfer file dan menyimpan file dalam cloud storage. Hanya saja jika anda tidak menggunakan 2 buah aplikasi tersebut, anda tidak dapat meng-uninstall aplikasi tersedbut karena sudah merupakan aplikasi bawaan.

Nah kembali ke soal performa, karena spesifikasi yang sama dengan Xiaomi Redmi 1S, tentu saja smartphone ini dapat menjalankan aplikasi game dengan baik mulai dari Asphalt 8, Real Football 2015, Tap The Frog HD dan SpiderMan. Hanya saja masih tidak semulus dan sehebat Xiaomi Redmi 1S dari segi benchmark.

So, jadi mari kita bicara benchmark. Hasil uji Antutu smartphonen ini tembus di angka 20.331 dan di Quadrant bisa mencapai angka 11.496. Ini adalah angka yang sangat baik mengingat harganya yang sangat terjangkau. Ketika mengujinya dengan 3DMark Ice Storm dan GFX Bench, kami berhasil mendapatkan angka 5.259 pointt dan 9.4 fps. Dari sini kami melihat bahwa performa Adreno 306 yang dibesut oleh smartphone ini tidak sebaik Adreno 305.

Meskipun ia tidak dibekali dengan layar Full HD, Lenovo memberikan sample video Full HD yang dapat diputar dengan sangat baik di smartphone ini. Suara yang dihasilkan juga sangat kencang meskipun tidak begitu nikmat di dengar jika volumenya terlalu tinggi. Asiknya lagi, smartphone ini telah dilengkapi dengan earphone bawaan yang memiliki suara cukup oke.

Baterai
Untuk urusan baterai, Lenovo memberikan pukulan telak bagi Xiaomi yang memberikan performa baterai sangat buruk. Lenovo A6000 jika anda gunakan secara terus menerus dapat bertahan hingga 10 atau 12 jam. Ketika kami menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Baterai smartphone ini bisa bertahan hingga esok hari dengan pemakaian normal. Satu kelemahan dari smartphone ini ada pada chargernya yang cukup lama untuk mengecas hingga penuh. Tapi kami sangat suka dengan performa baterai sebesar 2.300 mAh ini.

Kamera
Smartphone Lenovo A6000 dibekali dengan kamera depan 2 megapixel dan kamera belakang 8 megapixel. Seperti halnya smartphone masa kini, pengaturan yang diberikan smartphone ini cukup lengkap dan sangat baik.

Namun ketika kita berbicara tentang kemampuan fotografinya, smartphone ini tentu saja kalah dengan Xiaomi Redmi 1S yang cukup baik diklasnya. Diperlukan sedikit waktu untuk mengatur fokus dan mengambil gambar.

Di siang hari, kita akan mendapatkan gambar yang tentunya sangat bagus meskipun beberapa gambar yang kami ambil agak sedikit kemerahan. Terkadang smartphone ini suka over-exposure ketika mengambil gambar, untungnya mode HDR bisa mengatasi hal tersebut meskipun sedikit lambat performanya jika menggunakan HDR.

Di malam hari, kamera Smartphone ini memiliki nouse yang cukup rendah, mungkin hampir sama dengan kamera yang digunakan Xiaomi Redmi 1S, namun kami menemukan smartphone ini masih memiliki masalah ketika mengambil gambar berwarna hitam dan gelap yang seringkali membaur.

Soal performa video, smartphone ini memiliki kemampuan mengambil gambar hanya sebatas resolusi 720p dan kualitasnya biasa saja. Kamera depannya meskipun memiliki resolusi yang lebih tinggi dari Xiaomi dengan 2 megapixel, namun menurut kami performanya biasa saja. Tapi its okay mengingat harganya yang terjangkau.

Kesimpulan Review Lenovo A6000

Kami sangat suka dengan bagaimana Lenovo mengemas Lenovo A6000 dengan harga yang terjangkau dan fitur-fitur yang tidak akan anda dapatkan di kompetitornya seperti layarnya yang besar, audio dolby yang kencang dan tentu saja jaringan 4G. Dengan performa yang okay dan built quality yang cukup solid, mungkin ini adalah smartphone yang memiliki value for money paling bagus di pasaran saat ini, apalagi performa baterainya sangat baik.

Namun untuk anda harus memaklumi sedikit soal kualitas kamera dan layar tanpa pelindung Gorilla Glass, anda harus sedikit memaklumi smartphone ini lantaran harganya yang sangat murah. Ah, tapi itu tidak terlalu masalah mengingat harganya yang sangat terjangkau.

 

 

 

Share this Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.