Cara Mengetes Dead Pixel pada HP Android

PCtren – Dead pixel adalah kondisi dimana salah satu dari ribuan piksel yang terdapat pada layar ponsel rusak atau tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dead piksel biasanya menampilkan warna yang lebih terang seperti titik putih pada layar ponsel. Dead pixel bisa terjadi dikarenakan ponsel sering terjatuh, kena air atau memang gagal produksi pada saat awal di pabrik. Dead pixel ini cukup mengganggu, ada beberapa cara untuk mengetes ponsel Anda apakah terkena dead pixel atau tidak.

Anda dapat menggunakan aplikasi Dead Pixel Test yang dapat Anda download di PlayStore atau cara test manual. Selain itu Anda juga dapat menggunakan cara manual dengan menggunakan kamera ponsel Anda dengan cara, menghidupkan kamera dan tutup dengan jari pada bagian lensa kamera sehingga akan tampak gelap. Jika terlihat bintik-bintik, berarti laya ponsel Anda terkena dead pixel, namun jika sebaliknya yang tampak hanya warna gelap saja tanpa bintik, berarti layar ponsel Anda aman dari dead pixel.

Dede Suryadi
Pecandu komputer paling akut di redaksi PCtren, mungkin setengah umurnya dihabiskan di depan komputer. Selain paling ahli dalam masalah web developer dan dunia koding-kodingan, dia juga memiliki bakat menjadi Ustad.