Dinilai Lebih Prospek, Carmudi Indonesia Besut Aplikasi Berbasis iOS

PCtren, Jakarta – Para pemilik perangkat berbasis iOS di Tanah Air yang ingin menjual kendaraan bermotor mereka ini bakal makin nyaman ‘bertransaksi’ di dunia maya. Pasalnya, salah satu portal listing kendaraan, yaitu Carmudi Indonesia baru saja meluncurkan aplikasi mereka yang berbasis perangkat Apple tersebut.

Peluncuran aplikasi untuk para pengguna perangkat mobile Apple oleh Carmudi Indonesia ini sendiri melengkapi peluncuran sebelumnya yang lebih dahulu merambah perangkat Android pada November 2014 lalu.

Lewat aplikasi ini, calon penjual kendaraan, baik itu roda empat dan roda dua dijanjikan anak perusahaan Rocket Internet tersebut kemudahan untuk “siap bertransaksi” dalam waktu 2 menit, tanpa dipungut biaya.

Seperti aplikasi lainnya, penjual cukup membuat akun, mengisi informasi lengkap dan mengunggah gambar dari kendaraan mereka. Sebaliknya, pencari kendaraan akan disajikan data hingga 50 ribu kendaraan yang terpampang di Carmudi Indonesia.

Peluncuran aplikasi ini sendiri diakui Woulters van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia mengambil momentum dengan masuknya iPhone 6 ke Indonesia.

“Kami berharap antusiasme warga Indonesia setiap perangkat iPhone baru diluncurkan juga turut berimbas atas dikenalnya aplikasi listing kendaraan berbasis iOS kami,” ujar pria asal Belanda ini di Jakarta pada Rabu (4/3/2015).

Carmudi iOS

Dinilai Lebih Prospek

Selain itu, Carmudi Indonesia juga optimistis jika perangkat ini akan mendongrak gairah pengguna internet untuk memanfaatkan aplikasi mereka. Dikatakan, dari segi unsur pengguna, perangkat iOS memiliki ‘keunggulan’ tertentu.

“Survei yang kami terima dari NetApplications  memaparkan jika pengguna iOS yang populasinya 44,19 persen dari total seluruh OS yang ada, nyatanya lebih aktif dalam menggunakan perangkat mereka,” lanjut Wouters.

Atas dasar ini, Wouters pun percaya jika pengguna iOS yang secara populasi kalah dibanding OS raksasa Android tak kalah menarik secara prospek. Pasalnya, dipercaya pengguna iPhone yang secara pangsa pasar hanya 11,9 persen itu justru ditemukan tujuh kali lebih aktif.

Namun demikian, kala ditanya PCtren seputar target listing Carmudi Indonesia hingga tutup 2015 kala terbantu aplikasi berbasis iOS yang juga telah tersedia di 20 negara tersebut, Wouters enggan membeberkan angka pastinya.

“Kami lebih peduli pada hasil jangka pendek. Kini, kami berusaha mencapai jumlah listing hingga 10 ribu kendaraan per minggunya, dan itu cukup positif,” tutup Wouters.

Destyan Prabowo
Seorang individu yang banting stir dan dihadapkan pada fakta bahwa stir tersebut ternyata patah. Lantas berimprovisasi dengan pedoman "As long as the wheels still moving forward, then it still count as a Go...