Google Ara Modular Smartphone Memulai Debutnya di Puerto Rico

PCtren.com – Berasal dari sebuah ide dari Youtube, Google mencoba membuat sebuah smartphone terjangkau yang dapat di sesuaikan dengan perkembangan zaman dan mengikuti keinginan pemiliknya. Inilah Googla Project Ara yang baru saja memulai debutnya di Puerto Rico.

Google bersama Motorola yang merupakan perusahaan produsen ponsel yang telah dibeli oleh Google akhirnya mempresentasikan ke publik smartphone yang masih dalam tahap prototype. Prototype tersebut dinamakan Spiral 2 dengan tampilan yang masih transparan agar kita bisa melihat isi dari ponsel prototype tersebut.

Smartphone tersebut memiliki sebuah panel yang dapat menampung papan-papan yang terdiri dari kamera, speaker, baterai, performa, sensor hingga memori penyimpanan. sehingga jika pemilik smartphone ini ingin menambah salah satu kemampuan fitur smartphone, kita tidak perlu membeli smartphone baru, cukup dengan membeli salah satu komponen yang ingin kita upgrade seperti komputer rakitan.

Gogle Project Ara Smartphone

Namun meskipun terlihat menggirukan, rupanya project ini merupakan salahs atu project tersulit yang pernah dikerjakan oleh Google, karena setelah 9 bulan bekerja, barulah prototype dari smartphone ini berhasil bekerja dan masuk ke dalam tahap uji coba. Bahkan masih terdapat beberapa kelemahan ketika di demonstrasikan di depan publik seperti layar yang hanya bekerja separuh saja dan wifi yang tidak menyala.

Rencananya, Google akan memulai menjual Smartphone Motorola Ara di Puerto Rico, Brazil sebagai percobaan pasar pertama akan smartphone terjangkau ini. Google akan menyediakan 20 buah modul berbeda yang dapat dibeli oleh pengguna dan di sesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Keren sekali kan Google Project Ara ini? Kapan ya kira kira smartphone ini akan hadir di Indonesia?

Ridwan Hanif
Selain menyukai otomotif, manusia yang satu ini juga up-to-date soal gadget dan teknologi. Lebih memilih Mac dibandingkan Windows, namun soal smartphone, Android masih menjadi senjata hariannya | @ridwanhr