Datascrip Umumkan Pemenang “Wacom Datascrip Comic Competition”

PCtren – Bertempat di Gedung Datascrip yang berlokasi di kawasan Kemayoran, Datascrip dan Wacom selaku panitia penyelenggara kompetisi “Wacom Datascrip Comic Competition” telah mengumumkan para pemenang dari kompetisi tersebut yang terdiri dari tiga kategori peserta yaitu SMP, SMA dan Mahasiswa.

Setelah melewati masa penjurian, Datascrip dan Wacom secara resmi mengumumkan para pemenang Wacom Datascrip Comic Competition. Ada 9 pemenang dari tiga kategori yang berhasil memenangkan kompetisi komik berskala nasional tersebut dan mereka adalah :

Kategori SMP :

JUARA 1 SMP - EXPO EKSKUL by HAMDAN KATSIRO_ AMMAR FATAH USAMA_ MUHAMMAD NAUFAL ARIQ

Juara 1: “Expo Ekskul” karya Hamdan Katsiro, Ammar Fatah Usama, Muhammad Naufal Ariq dari SMPIT Al-Masykar Bina Insani (Serang-Banten)

JUARA 2 SMP - VERITABLE AMITIE by DIANA TANAMAS & KARENSA MARVELLA
Juara 2: “Veritable Amitie” karya Diana Tanamas & Karensa Marvella dari SMPK 4 Penabur (Jakarta)

JUARA 3 SMP - UNKNOWN SIGNAL by AFIFA ALIFIA
Juara 3: “Unknown Signal” karya Afifa Alifia dari SMPIP Daarul Jannah (Cibinong-Bogor)

Kategori SMA :

JUARA 1 SMA - HYPOCRISY by NADINE MARIJKE OEN & MAUDY NATHANIA

Juara 1: “Hypocrisy” karya Nadine Marijke Oen & Maudy Nathania dari SMAK Yahya (Bandung)

JUARA 2 SMA- HOME by ANISSA DHIA BASWEDAN & MELYNDA RUKMANA D
Juara 2: “Home” karya Anissa Dhia Baswedan & Meylinda Rukmana SMAN 1 Yogyakarta

JUARA 3 SMA - LAST PROMISE by AYU DEVITA CHRISTANTI_ GEDE MAHAPUTRA C._ BAGUS KHRISNA ADITYA
Juara 3: “Last Promise” karya Ayu Devita Christanti, Gede Mahaputra dan Bagus Khrisna Aditya dari SMAN 1 Denpasar

Kategori Mahasiswa :

JUARA 1 mahasiswa - SMILE by CHERIE EIRENE & ADELIA APRILIANTI

Juara 1: “Smile” karya Cherie Eirene & Adelia Aprilianti dari Universitas Kristen Maranatha (Bandung)

JUARA 2 mahasiswa - AKADEMI GUMBALA by TAUFIQ AJI PERMANA & MUHAMMAD IZZUDIN ABDULLAH
Juara 2: “Akademi Gumbala” karya Taufiq Aji Permana & Muhammad Izzudin Abdullah dari Institut Teknologi Sepuluh November (Surabaya)

JUARA 3 mahasiswa - PEOPLE LOVE GOOD BAD BOY DON'T THEY by KARINA KHAIRUNISA P
Juara 3: “People Love Good Bad Boy Don’t They” karya Karina Khairunisa dari Sumedang

Para pemenang untuk kategori peserta SMP & SMA yang telah diumumkan oleh Datascrip tersebut berhak menerima hadiah dari Wacom yaitu 1 unit Wacom Intuos Pen and Touch Medium berserta sertifikat untuk masing-masing pemenang Juara 1. Selain itu, sekolah dari peserta pemenang juga berhak atas hadiah 5 unit Wacom Intuos Pen and Touch Medium.

Dan untuk pemenang Juara 2, masing-masing pemenang juga berhak mendapatkan hadiah Wacom Intuos Pen and Touch Small berserta sertifikat dan 5 unit Wacom Intuos Pen and Touch Small untuk sekolah dari para pemenang Juara 2.

Lalu untuk Juara ke-3, masing-masing peserta juga berhak atas hadiah dari Wacom yaitu 1 unit Wacom Intuos Pen beserta setifikat dan 5 unit Wacom Intuos Pen untuk sekolah dari para pemenang Juara 3.

Pada kategori peserta yang berasal dari Mahasiswa, Juara 1 berhak atas 1 unit Wacom Intuos Pro Large beserta Sertifikat untuk masing-masing peserta anggota kelompok. Juara 2 berhak atas 1 unit Wacom Intuos Pro Medium beserta Sertifikat untuk masing-masing peserta anggota kelompok. Sementara Juara 3 berhak atas 1 unit Wacom Intuos Pro Small beserta Sertifikat untuk masing-masing peserta anggota kelompok.

“Antusiasme yang tinggi dari para pelajar dan mahasiswa untuk mengikuti Wacom Datascrip Comic Competition menunjukkan ada banyak bakat muda yang potensial di dalam negeri. Kami berharap ajang seperti ini dapat memperkaya pengalaman dan semakin mengasah kreativitas mereka, serta membuka peluang untuk berkarya secara profesional. Bukan hanya di tingkat nasional melainkan juga internasional,” ungkap Jeremy Hermanto, Division Manager PT Datascrip.

Kompetisi “Wacom Datascrip Comic Competition” ini mulai digelar pada 1 Juli hingga 30 September 2014 lalu dan para peserta harus membuat sebuah komik dengan halaman kurang lebih sebanyak 16 halaman dengan tema “Kehidupan Sekolah”. Setelah beberapa karya dari peserta diterima oleh tim penjurian, penjurian langsung dilakukan pada 8 hingga 9 Oktober 2014 dengan Dewan Juri yang terdiri dari, Is Yuniarto (Komikus), Sweta Kartika (Komikus), Sheila Rooswitha (Komikus), Gita Juwita (Editor re:ON Comics) dan Rendy Burhan (Creative Designer dari Tim Wacom Datascrip) .

“Wacom Datascrip Comic Competition berhasil mengumpulkan komikus-komikus generasi baru yang potensial. Mereka cukup mapan dalam penggarapannya, baik dari segi gambar maupun penceritaan. Jika bakat-bakat ini terus diasah lagi dengan menanamkan unsur-unsur lokal, maka dalam 3-4 tahun, komik Indonesia bisa kembali menunjukkan taringnya,” papar salah satu juri, Sweta Kartika.

 

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....