Setelah Google Glass, Google Akan Membuat Lensa Kontak Mata Pintar Juga !

PCtren – Lensa pintar futuristik Google tidak hanya sebuah proyek penelitian. Google dan raksasa farmasi yang berbasis di Swiss yaitu Novartis, mengumumkan kemitraan mereka untuk membuat sebuah lensa kontak mata pintar, dengan target awal untuk penderita diabetes dan rabun.

Novartis, melalui divisi perawatan mata Alcon nya, akan memberikan kontribusi dalam fisiologi dan kinerja visual dari mata, pengembangan dan evaluasi klinis, serta komersialisasi kontak dan lensa intraokular.”

google-smart-lens-3-710x335

Dalam proyek ini, Google dan Novartis akan mengembangkan sebuah lensa kontak mata yang dapat mengukur kadar glukosa dari cairan lakrimal pada mata untuk kepentingan pasien diabetes, dan lensa kontak yang dapat memberikan “koreksi visi akomodatif untuk membantu memulihkan mata secara alami agar dapat autofocus pada objek dekat dalam bentuk lensa kontak akomodatif atau lensa intraokuler sebagai bagian dari pengobatan katarak.

“Impian kami adalah untuk menggunakan teknologi terbaru dalam miniaturisasi elektronik untuk membantu meningkatkan kualitas hidup bagi jutaan orang,” kata Google Sergey Brin.
“Kami sangat bersemangat untuk bekerja dengan Novartis untuk membuat impian ini menjadi kenyataan.”

Namun sampai saat ini Google dan Novartis secara resmi belum mengungkapkan kapan lensa kontak mata ini akan dirilis di pasar global.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....