Nvidia Shield : Tablet Android Untuk Penggemar Game

PCtren – Nvidia, yang sudah sangat dikenal melalui produk kartu grafisnya di pada perangat desktop, saat ini ingin ikut turut memeriahkan pasar smartphone. Baru-baru ini Nvidia memperkenalkan Shield, yang merupakan perangkat tablet Android yang dirancang khusus untuk bermain game.

Perangkat ini adalah penerus produk sebelumnya dengan nama yang sama. Bedanya, kalau dulu desain dan perangkat keras Android Nvidia ini berbentuk serupa dengan konsol game portabel, saat ini bentuknya benar-benar berupa tablet.

Sebagaimana dikutip dari Mashable, Nvidia Shield memiliki bentang layar 8 inci dengan resolusi full-HD 1920×1080.

Spesifikasinya mencakup prosesor Quad-Core Tegra K1 berkecepatan 2,2 GHz, RAM 2GB, kamera 5 megapixel, kapasitas media penyimpanan internal 16 GB atau 32 GB, dan sistem operasi Android 4.4.2.

Di samping itu terdapat pula fitur yang dapat terintegrasi dengan Twitch, yang merupakan platform video dan komunitas untuk para gamer, dan kemampuan melakukan streaming game, seperti Titanfall dan Assassin’s Creed dengan mengandalkan jaringan WiFi.

Perkenalan tablet Shield diiringi oleh 400 game Android yang dioptimalkan untuk perangkat besutan Nvidia itu.

Harga Shield dipatok pada kisaran 299 dollar AS atau setara dengan Rp. 3,4 jutaan untuk versi 16 GB. Dan 399 dollar AS atau setara dengan Rp. 4,6 jutaan untuk versi 32 GB. Gamepad dijual terpisah seharga 59 dollar AS atau setara dengan Rp. 600 ribuan. Perangkat ini rencananya akan mulai dijual pada akhir Juli di Amerika Serikat.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....