5 Aplikasi GPS Yang Sangat Berguna Untuk Perjalanan Mudik

PCtren – Kurang dari sepekan lagi masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik. Mudik telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap kali menjelang hari raya Idul Fitri. Para pemudik akan menuju kampung halaman mereka lewat jalur darat, laut, ataupun udara. Bagi pemudik yang melalui jalur darat, khususnya dengan menggunakan kendaraan pribadi, kemacetan tentu akan menjadi hambatan.

Namun bagi Anda pengguna smartphone, tidak perlu lagi khawatir akan terjebak dengan kemacetan. Karena saat ini terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk memberikan jalur alternatif guna menghindari kemacetan.

Waze

1
Waze merupakan aplikasi paling populer untuk pengguna telepon pintar saat ini. Dengan tampilan 3D, Waze akan memberikan navigasi dan informasi yang patut diketahui pengguna jalan. Bahkan, Waze bisa menyediakan informasi tentang kondisi kemacetan dan kepadatan jalan raya secara real-time lewat interaksi antarpengguna.

Sygic

2
Seperti halnya Waze, Sygic juga mampu memberikan informasi jalan secara real-time, termasuk mengenai kepadatan jalan. Adapun fitur voice guide akan semakin memudahkan penguna menempuh rute, terutama rute yang belum pernah dilewati sebelumnya. Dan yang berbeda dari Sygic adalah Anda dapat menggunakan Sygic secara offline.

Wisepilot

3
Aplikasi yang satu ini juga memiliki layanan suara. Dengan tampilan 3D, live traffic, dan kontrol kecepatan kamera, Wisepilot akan membantu Anda menghindari titik-titik kemacetan dan mencari jalan alternatif.

Zohib 2014

zohib-featured-704x300
Berbeda dengan keempat aplikasi sebelumnya, Zohib 2014 merupakan aplikasi mobile yang khusus disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan kepolisian, aplikasi Zohib 2014 akan semakin memudahkan pemudik di perjalanan.

Google Maps

5
Dengan layanan navigasi, Google Maps akan menunjukkan ketepatan arah kepada pemudik. Tak hanya itu, layanan ini juga akan menunjukkan tempat-tempat umum, seperti restoran, stasiun pengisian bahan bakar untuk umum, atau masjid yang berada di sekitar lokasi kita.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....