Smartfren Menduduki Urutan Kedua Setelah Samsung, Sebagai Ponsel Terlaris

PCtren – Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) merilis hasil surveinya, bahwa Smartfren kini menempati posisi kedua di Indonesia untuk pengapalan smartphone pada kuartal I/2014 dengan pangsa pasar 12%.

Kendati demikian, pasar utama masih dipegang, Samsung, dengan perangkat smartphone-nya yang berbasis OS Android.

Penyebab lancarnya penjualan Smartfren adalah seri smartphone Andromax yang dibanderol cukup murah, di bawah satu juta rupiah namun dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Seri Andromax berharga di bawah Rp 1 juta dilaporkan berhasil menguasai 30% pangsa pasar segmen smartphone kelas bawah. Sementara seri Andromax berharga Rp 2 jutaan juga sudah menembus 8% pangsa pasar di kelasnya.

Smartfren sudah menghadirkan 7 model Andromax yang terdiri dari Andromax C, Andromax G, Andromax I, Andromax T, Andromax U, Andromax V, dan Andromax Z. Sejumlah vendor smartphone yang bekerjasama dengan Smartfren untuk memproduksi seri Andromax antara lain ZTE, Hi-sense, Haier, dan Huawei.

Saat ini Smartfren tercatat memiliki sekitar 13 juta pelanggan per kuartal II/2014. Untuk target pelanggan pada tahun ini adalah 15-16 juta, dengan 8-9 juta di antaranya adalah pelanggan data dan smartphone.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....