Tips Mengatur Keamanan Perangkat iOS 7

PCtren – Ada sejumlah pernyataan mengejutkan tentang keamanan privasi dan isu-isu yang berkaitan dengan keamanan di iOS 7. Mulai dari, memungkinkan Apple untuk melacak dan menyimpan setiap lokasi yang Anda kunjungi hingga untuk melacak nomor kartu kredit Anda di Safari. Bahkan terdapat kelemahan dari segi keamanan pada iOS 7, dan agak serius, yaitu adanya celah keamanan yang memungkinkan orang memotong passcode Anda pada Lockscreen.

Untungnya, ada beberapa pengaturan cepat perubahan dapat Anda lakukan untuk melindungi privasi perangkat iOS 7 Anda. Berikut ini beberapa pengaturan yang wajib Anda lakukan pada perangkat iOS 7 Anda.

Nonaktifkan Apps untuk Mengakses Mic Anda

1
Setelah menginstal iOS 7, beberapa aplikasi akan mulai meminta izin Anda untuk mengakses mikrofon pada perangkat iOS 7. Untuk sebagian pengguna, ini bukan masalah besar, bagi pengguna yang memang seringkali mengandalkan mikrofon.

Namun jika Anda berpikir Anda dapat lebih mudah dilacak, Anda dapat mencabut akses Mic tersebut dari beberapa aplikasi.

Untuk melihat aplikasi memiliki akses ke mic Anda, pergi ke Settings > Privacy > Microphone . Dari sini, Anda dapat menonaktifkan akses mic untuk setiap aplikasi yang Anda inginkan.

Aktifkan “Find My iPhone”
Jika Anda pengguna iPhone yang cerdas, Anda pasti akan mengaktifkan Find My iPhone , jadi jika sewaktu-waktu Anda kehilangan iPhone Anda, Anda dapat memasukkannya ke dalam “Lost Mode” atau menghapus data Anda di iCloud dari iPhone Anda yang hilang.

2.1

Selain itu, terdapat pula fitur “Play Sound” yang sangat berguna jika Anda lupa meletakkan iPhone Anda. Untuk memastikan fitur Find My Phone telah Anda aktifkan, pergi ke Settings > iCloud > dan pastikan Find My iPhone diaktifkan.

2

Sekarang jika ponsel anda dicuri, Anda dapat melacak lokasi iPhone Anda dengan login ke iCloud.com menggunakan Apple ID Anda.

Cegah Pencuri Mengaktifkan dan Menghapus Data iPhone Anda

3
Hal ini bahkan lebih penting dalam mengaktifkan fitur Find My iPhone di iOS 7, karena Apple telah memasukkan persyaratan Password-Entry sebelum orang lain dapat menghapus atau mengaktifkan iPhone Anda.

Nonaktifkan Password dan AutoFill Kartu Kredit di Safari

4
Aplikasi Safari terbaru di iOS 7 akan membiarkan Anda menyimpan nama, alamat, username, password, dan bahkan nomor kartu kredit Anda. Jelas, ini bisa menjadi masalah yang menakutkan, terutama jika Anda tidak menggunakan Passcode pada iPhone Anda.

Untuk menonaktifkan pilihan ini, pergi ke Settings > Safari dan menonaktifkan segala sesuatu yang menggunakan Contact Info , Nama dan Sandi , dan Kartu Kredit .

Gunakan Private Browsing Mode di Safari

5
Jika Anda khawatir tentang riwayat browsing Anda dilihat orang lain, Safari sekarang memberikan pilihan untuk browsing dalam modus pribadi.

Untuk melakukannya, cukup membuka Safari, tekan pada tab icon, dan pilih “Private” . Kemudian Anda dapat memilih untuk menyimpan semua tab Anda yang saat ini sedang Anda buka.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....