Trik Cara Menyembunyikan Folder di Android

PCtren – Mungkin Anda memiliki berbagai macam data yang sangat pribadi di dalam perangkat Android Anda dan tidak ingin dilihat oleh orang lain. Berikut ini terdapat cara mudah untuk dapat menyembunyikan data pribadi pada perangkat Android Anda seperti fitur Hidden Files and Folder yang terdapat di OS Windows.

Menyembunyikan Folder

1. Jalankan File Manager atau bisa juga menggunakan ES Explorer File Manager. (Dalam contoh ini adalah ES Explorer File Manager).

2. Buatlah sebuah Folder dengan nama Folder yang diawali dengan tanda titik (.) .

Untitled-1

Dengan cara tersebut maka hanya File Manager dan sistem aplikasi tertentu aja yang bisa mengenali adanya folder tersebut. Jadi file-file yang ada di dalam folder yang udah kamu sembunyiin tadi gak akan muncul di gallery, multimedia, email clients, office editor atau yang lainnya.

Menyembunyikan File Yang Sudah Ada di Dalam Folder

1. Jalankan Jalankan File Manager atau bisa juga menggunakan ES Explorer File Manager. (Dalam contoh ini adalah ES Explorer File Manager).

2. Buatlah sebuah File dengan nama “.nomedia” (tanpa tanda kutip) di dalam Folder yang berisi File yang ingin Anda sembunyikan.

Untitled-2

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....