Virus Favorit Android

Firma keamanan cyber Kaspersky awal bulan ini merilis tentang Android versi manakah yang lebih rawan terhadap serangan virus dan malware.

Dan hasilnya adalah virus lebih menyukai ‘roti jahe’ daripada ‘es krim’. Ini berarti Android versi 2.3 Gingerbread alias roti jahe yang lebih rawan terhadap serangan aplikasi berbahaya.
Menurut data dari Kaspersky Security Network, dari sekitar 1,3 miliar ancaman software berbahaya di platform Google tersebut yang berhasil diblokir Kaspersky di kuartal ketiga tahun ini, sebanyak 28% menyasar Android versi 2.3.6. Urutan kedua ditempati “Ice Cream Sandwich” (versi 4.0.4) yang menjadi target 22% serangan.
Secara keseluruhan, Kaspersky mencatat penurunan signifikan dari jumlah ancaman malware di Android dari 14.923 di kuartal kedua menjadi 9130 di kuartal ketiga 2012.
Upaya Google untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan sejumlah fitur sekuriti baru di versi terakhir Android (4.2, Jelly Bean) untuk mencegah instalasi program yang mengandung malware. Sementara, Google Play Store memiliki fitur “Bouncer” yang bertugas menyaring aplikasi-aplikasi berbahaya agar jangan sampai beredar dalam ekosistem Android.