Tips Menggunakan Ponsel Windows Phone 8.1

PCtren – Microsoft merilis update untuk sistem operasi Windows Phone beberapa waktu yang lalu. Sistem operasi Windows Phone terbaru tersebut adalah Windows Phone 8.1 yang saat ini sudah tersedia untuk para pengguna perangkat Windows Phone yang masih menggunakan Windows Phone 8 saat ini. Tips berikut ini akan membantu Anda untuk mengoperasikan Windows Phone 8.1 bagi Anda yang baru saja melakukan update ke Windows 8.1 dan masih bingung dengan cara pengoperasiannya.

Kostumisasi Perangkat Windows Phone 8.1 Anda

1
Pengguna Windows Phone sebelumnya bisa menambahkan atau merubah gambar latar belakang dengan gambar yang sesuai dengan keinginan kita untuk layar Lockscreen, namun Anda tidak dapat merubah gambar pada layar Home. Dan pada Windows Phone 8.1, Microsoft telah memberikan pengguna kemampuan untuk mengatur latar belakang pada layar Home atau Live Tiles perangkat Windows Phone 8.1 Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu “Setting” > “Start + Theme” > lalu pilih gambar yang Anda inginkan untuk latar belakang perangkat Windows Phone 8.1 Anda. Dari sini Anda juga dapat menambahkan baris tambahan untuk Live Tiles, pilih warna aksen, dan mengubah warna motif keseluruhan perangkat Windows Phone 8.1 Anda.

Gunakan Microsoft Cortana

2
Fitur yang paling diunggulkan pada Windows Phone 8.1 adalah adanya dukungan asisten suara yang bernama Microsoft Cortana . Fitur ini, yang serupa dengan Siri milik iOS dan Google Now milik Android, dapat diakses dengan menekan tombol Search pada perangkat Windows Phone 8.1 Anda. Namun Anda juga dapat mengakses Microsoft Cortana dari App Drawer Anda dan dapat Anda pindahkan ke Home Screen Anda untuk akses lebih cepat. Cortana dapat mencari sebuah halaman Website, menjawab pertanyaan, mengatur aplikasi pengingat hingga memberitahu Anda tentang cuaca hari ini.

“App Force-Close” atau Menutup Aplikasi Dengan Cepat

3

Fitur Multitasking akan memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, dan pada Windows Phone 8.1 ini juga akan memungkinkan Anda untuk menutup aplikasi dengan hanya menggesek layar perangkat Windows Phone 8.1 Anda saja. Fitur ini mirip dengan yang ada pada iOS dan Android. Menu Multitasking pada Windows Phone 8.1 dapat diakses dengan cara tahan pada tombol “Back”. Setelah masuk ke menu Multitasking, Anda dapat dengan mudah menutup beberapa aplikasi yang Anda jalankan sebelumnya dengan cara menekan ikon “X” atau dengan menggesek ke bawah pada aplikasi yang ingin Anda tutup.

Mengambil Screenshot

4
Jika Anda ingin mengambil screenshot pada perangkat Windows Phone 8, Anda dapat melakukannya dengan cara menekan tombol “Power” dan tombol “Windows” secara bersamaan. Namun pada Windows Phone 8.1 terdapat perubahan jika Anda ingin mengambil screenshot yaitu Anda dapat melakukannya dengan cara menekan tombol “Power” dan “Volume Atas” secara bersamaan.

Melihat “Notifications” atau Pemberitahuan

5
Salah satu penambahan fitur pada Windows Phone 8.1 adalah adanya “Action Center”. Fitur ini mirip dengan fitur “Pulldowns” untuk melihat “Notifications” pada perangkat Android dan iOS. Fitur “Action Center” pada Windows Phone 8.1 dapat Anda lakukan dengan cara yang sama seperti pada perangkat Android dan iOS yaitu dengan menggesek layar dari atas ke bawah. Dan dengan mengakses fitur “Action Center” Anda akan diberikan akses cepat untuk mengaktifkan berbagai fitur seperti WiFi, Bluetooth, Airplane Mode hingga Rotasi Layar. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai informasi “Notifications” jika ada sesorang yang mengirim pesan ke Anda, Update Aplikasi hingga Missed Calls.

Berbagi Jaringan WiFi

6
Fitur baru lainnya yang ada pada Windows Phone 8.1 Anda dapat berbagi jaringan WiFi pada perangkat Windows Phone 8.1 Anda. Fitur, yang dikenal sebagai Wi-Fi Sense ini, juga dapat memberikan Anda kemampuan untuk berbagi kredensial jaringan Wi-Fi terpercaya dengan Outlook, Skype, dan Facebook.

Penghematan Ruang Penyimpanan Internal

7
Microsoft telah memasukkan fitur baru pada Windows Phone 8.0 yang bernama Storage Sense, yang berguna untuk memastikan Anda tidak akan pernah kehabisan ruang penyimpanan internal Anda. Storage Sense menyediakan cara mudah untuk memindahkan aplikasi, musik, dan gambar ke SD Card Anda. Selain itu Storage Sense juga dapat Anda gunakan untuk melihat beberapa aplikasi atau konten yang mengambil sebagian besar ruang penyimpanan pada perangkat Windows Phone 8.1 Anda, dan Storage Sense akan memberikan Anda pilihan untuk menghapus atau uninstall file besar yang mungkin jarang Anda gunakan.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....