Cara Menggunakan USB On-The-Go (OTG) di Blackberry 10

PCtren – Kemampuan untuk mengakses USB drive pada perangkat BlackBerry 10 Anda benar-benar diperkenalkan ketika BlackBerry Z30 dirilis. USB On-The-Go memungkinkan Anda untuk mengakses USB Drive dari perangkat BlackBerry 10 Anda. Selain USB Drive, Anda juga dapat menggunakan perangkat USB seperti keyboard dan mouse. Anda akan membutuhkan USB OTG ke Micro USB adapter, yang dapat Anda beli dengan harga yang relatif murah. Setelah semua peralatan Anda miliki, lalu bagaimana cara menggunakan USB On-The-Go di perangkat Blackberry 10 Anda ? berikut ini langkah-langkahnya.

  • Hubungkan USB OTG ke Micro USB adapter pada perangkat Blackberry 10 Anda.
  • Masukkan USB Drive.
  • Sebuah pop-up akan muncul yang mengatakan “USB device inserted”. Buka File Manager, tekan menu di bagian kiri bawah dan Anda akan melihat USB Drive Anda.
  • Tekan USB Drive untuk mengakses file-file pada USB Drive Anda.

Dengan menggunakan USB Drive melalui USB On-The-Go, Anda juga dapat lebih menghemat pemakaian ruang penyimpanan Anda. Anda dapat menyimpan beberapa file yang memiliki ukuran cukup besar di USB Drive Anda tanpa harus membebani ruang penyimpanan internal perangkat Blackberry 10 Anda.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....