Alarm Anti Maling Iphone Dipatenkan Apple

Bagi para pemilik gadget mahal seperti iPhone contohnya pasti sangat bangga bisa memilikinya. Namun disatu sisi pasti Anda dikhawatirkan dengan resiko pencurian terhadapa gadget mahal Anda bukan?

Tapi Anda bisa sedikit lega mendengar hal ini karena kini Apple telah mematenkan teknologi alarm anti malingnya untuk iPhone ke Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat minggu lalu. Judul paten dari teknologi ini adalah “Acceleration-based theft detection system for portable electronic devices” atau Sistem Deteksi Pencurian berbasis Kecepatan Gerak untuk Perangkat Elektronik Portabel.
Cara kerja teknologi ini dengan mendeteksi pola gerakan smartphone. Jadi seperti alarm akan berbunyi bila terjadi gerakan mencurigakan pada smartphone seperti gerakan merebut tiba-tiba/jambret. “Alarm smartphone akan aktif begitu perangkat yang bersangkutan mendeteksi adanya “kondisi pencurian”. Kondisi tersebut ditentukan lewat accelerometer built-in, dikombinasi dengan software yang akan memutuskan apakah sebuah kondisi cocok dengan “profil karakteristik pencurian” atau tidak”, jelas pihak paten.

Accelerometer sendiri biasa digunakan untuk mendeteksi cara pengguna menggenggam smartphone miliknya, sehingga bisa turut dimanfaatkan untuk mendeteksi hal lain yang berkaitan dengan gerakan ponsel. Meskipun Apple telah mematenkan teknologi ini tapi untuk realisasinya pihak Apple tidak menjelaskan kapan akan diwujudkannya teknologi ini.

Sahrul
Biasa dikenal dengan nama "Yungky", mungkin karena wajahnya mirip dengan salah satu DJ ternama di Indonesia yang dipanggil "Wingky" (ngarep). Tiada hari tanpa main game, makanya lebih sering menggunakan PC dibanding Mac