Ini Dia Daftar Smartphone Android yang Akan Mendapatkan Androil Lollipop ?

PCtren – Pada ajang Google I/O beberapa waktu lalu, Google mengumumkan akan merilis OS Android terbaru yaitu Android L. Meski belum jelas, apkah Android L ini akan diumumkan sebagai Android versi 4.5 atau Android 5.0, namun kehadirannya sungguh menjanjikan hal-hal baru untuk para pengguna smartphone Android. Salah satu perubahan yang mendasar adalah adanya penggunaan bahasa desain baru yang disebut Material Design. Material Design memungkinkan pengembang aplikasi untuk membuat banyak layer dalam aplikasinya. Lalu smartphone apa saja yang akan segera mendapatkan update Android L ini, berikut ini daftarnya.

Nexus 4,5,7 dan 10

nexus_1
Jika Anda adalah seorang Developer yang terdaftar dan memiliki Nexus 5 atau Nexus 7 keluaran tahun 2013, maka bersyukurlah karena Android L bakal menyambangi kedua smartphone ini lebih dulu. Diperkirakan, Android L akan meluncur dalam bebeapa pekan ke depan.

Namun jika Anda bukan seorang developer dan memiliki jajaran produk Google Nexus, Android L tampaknya akan tiba lebih lama. Anda ‘wajib’ menunggu update resminya kira-kira sebelum akhir tahun ini.

HTC

HTC-Logo
Selain Nexus yang notabene produk besutan Google sendiri, HTC adalah vendor yang paling cepat merespon pengumuman tentang update Android L. Dalam pernyataan resminya yang dikeluarkan segera setelah pengumuman Android L di ajang Google I / O, HTC mengatakan:

“HTC menyambut gembira adanya fitur baru di Android L dan tidak sabar berbagi dengan pelanggan kami. Kami berkomitmen untuk memperbarui keluarga HTC One secepat mungkin. Kami akan mulai meluncurkan update untuk HTC One ( M8) dan HTC One (M7) di seluruh dunia dalam waktu kurang dari 90 hari setelah Google mengumumkan release resmi dari Android L. Setelahnya, kami akan mengupdate anggota keluarga HTC One lainnya dan beberapa seri pilihan. “

Jadi, hal ini berarti bahwa HTC One Mini, Mini One 2, dan HTC One Max juga akan mendapatkan update Android L. Kemungkinan DroidersAnda pemilik HTC harus bersabar hingga awal 2015 untuk bisa mencicipi udpate si L ini.

Motorolla

motorola-logo
Motorola -yang kini sudah diakuisisi oleh Lenovo, tampaknya juga akan merespon Android L dengan cepat. Akhir tahun ini, Moto X dan Moto G kemungkinan akan mendapatkan update Android L terlebih dahulu. Seperti diketahui, Moto X dan Moto G menggunakan android ‘murni’ dari Google. Hal ini memberi keuntungan tersendiri bagi penggunanya, karena akan mendapatkan update lebih cepat dibanding vendor lain yang menggunakan android yang telah dimodifikasi.

LG

lg-logo
Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari LG mengenai kemungkinan update Android L akan menyambangi produk smartphone mereka, termasuk untuk 2 smartphone jagoannya yakni LG G3 dan G2.

Nexus 4 dan 5, ponsel ‘resmi’ Google yang juga dibesut oleh LG sepertinya ‘wajib’ untuk berada di garda depan jajaran Android yang bakal mendapatkan update L terlebih dahulu.

Sony

Sony_Xperia_logo_110
Sama halnya seperti LG, Sony sejauh ini juga belum memberikan pernyataan resmi terkait perangkat apa saja yang bakal mendapatkan update L.

Situs ibtimes memperkirakan bahwa Xperia Z2, Xperia Z1 Compact and Xperia Z1 akan lebih dulu mendapatkan update L disamping Xperia Tablet Z and Xperia Z2 Tablet. NAmun tentu saja, perkiraan ini masih berupa spekulasi saja.

Samsung

logo-samsung
Sebagai vendor smartphone Android terbesar di dunia saat ini, Samsung secara rutin bisanya melakukan update sistem operasi. Dalam tradisinya, kemungkinan hanya sebagian kecil produk yang akan mendapat Android L.

Sama seperti LG dan Sony, belum ada pengumuman resmi soal rencana update Android L di perangkat Samsung.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....