Cara Hemat Kuota Internet Android dengan Aplikasi

PCtren – Sebagai pengguna Android, tentu kita membutuhkan sambungan internet agar dapat “menghidupkan” device yang satu ini. Melalui internet, kita akan dapat berselancar di dunia maya, mengirim email, update status sosial media, Chatting, dan hal menarik lainnya. Namun, penggunaan internet yang terus menerus bisa membuat kuota internet kita cepat habis. Anda sering mengalami hal seperti ini? Kabar gembira bagi Anda, karena saat ini Anda dapat mengurangi penggunaan kuota data internet tanpa perlu mengatur hal yang bermacam-macam pada perangkat Android Anda. Cukup meng-install aplikasi, dan Anda akan mendapatkan kelebihan yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Solusi ini akan bekerja dengan cara kompresi data yang kemudian akan langsung ditampilkan pada layar Android Anda.

Opera Max

Opera-Max-screenshots
Opera Max akan mengenkripsi data semua aplikasi yang ada pada device Anda ketika Anda sedang terhubung dengan jaringan internet. Install aplikasi untuk menghemat kuota internet ini, dan semua aplikasi yang Anda miliki akan dimonitor oleh Server Opera, jadi semuanya dapat terkompresi untuk menghemat kuota internet mobile Anda. Tidak hanya itu saja, Opera Max juga dapat melakukan kompresi video, foto, laman web, dan tipe data lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan Anda tampilan penggunaan kuota internet pada setiap aplikasi yang Anda miliki. Ini adalah solusi terbaik bagi Anda untuk melakukan kompresi penggunaan data untuk menghemat kuota internet pada perangkat Android Anda.

Onavo Extend

B-Interface
Onavo Extend adalah aplikasi untuk kompresi data lainnya seperti halnya Opera Max sebagai solusi untuk menghemat kuota internet dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada Android Device Anda. Tidak seperti Opera Max, Onavo Extend tidak dapat melakukan kompresi video. Jika Anda orang yang suka menonton Video Online, mungkin Anda akan lebih memilih Opera Max. Akan tetapi, Onavo tetap menjadi pilihan yang tepat apabila Anda ingin menghemat kuota internet.

Chrome Reduce Data Usage

chrome-reduce-data-usage
Google memiliki solusi penghemat kuota internet miliknya sendiri. Sayangnya, ini bukan merupakan suatu aplikasi umum yang dapat bekerja di semua perangkat Android. Melainkan ini adalah sebuah fitur yang dibangun di dalam browser Google Chrome. Fitur ini hanya bekerja pada Chrome, jadi Anda hanya akan mendapat keuntungan untuk kompresi data ketika menggunakan Chrome. Jika Anda adalah pengguna Chrome, ini adalah alternatif penghemat kuota internet terbaik bagi Anda. Kunjungi menunya dengan membuka Chrome dan dilanjutkan dengan tap pada tombol menu, pilih Settings. Setelah itu arahkan ke Bandwitch Management, kemudian Reduce data usage dan terakhir aktifkan fitur Reduce data usage.

Opera Off-Road Mode

opera-off-road-mode
Opera Versi ini memiliki fitur kompresi data untuk menghemat kuota internet. Apabila Anda adalah orang yang senang berselancar di dunia maya tanpa mempedulikan kompresi pada semua aplikasi Anda, maka Anda patut menggunakan layanan browser mobile ini. Fitur kompresi data untuk kuota internet akan selalu aktif pada Opera Mini. Tetapi, jika Anda adalah pengguna Opera Browser, maka Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk penghemat kuota internet Anda dengan tap pada icon O, dan aktifkan mode Off-Road.

Bayu Aditya Putra
Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....