Trik Menggunakan Google Maps Secara Offline

PCtren – Google Maps sangat berguna sebagai petunjuk jalan dengan peta penunjuk jalan yang paling lengkap untuk wilayah Indonesia, ditambah dengan fitur “Satellite” dengan tampilan berupa foto dari satelit luar angkasa menjadi keunggulan Google Maps yang belum dimiliki oleh aplikasi peta navigasi lain. Namun ketergantungannya akan koneksi internet menjadi kendala nomor satu.

Contoh, pengguna dalam kondisi berada di daerah suatu daerah yang pada umumnya jaringan internet susah untuk didapatkan. Ironisnya, justru pada kondisi seperti inilah peta navigasi seperti Google Maps sangat diperlukan.

Tidak semua tempat memiliki koneksi internet yang baik, maka dari itu saat ini Anda dapat menggunakan Google Maps secara Offline untuk berjaga-jaga jika Anda memerlukan penunjuk jalan, namun koneksi internet di lokasi tersebut tidak bagus.

Untuk menggunakan fitur ini, hal pertama yang harus pengguna lakukan adalah masuk ke Menu > More > Labs, kemudian aktifkan pilihan “Download Map Area” . Setelah fitur ini aktif dengan tanda centang hijau telah muncul disamping tulisan “Download Map Area” , selanjutnya penyimpanan peta bisa dilakukan.

  • Pada tampilan peta, pilih lokasi yang ingin Anda simpan. Kemudian tekan dan tahan lokasi tersebut.
  • Selanjutnya tooltip/bubble berisi alamat lokasi yang Anda pilih akan muncul, tekan tooltip/bubble tersebut.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke tampilan lain yang berisi alamat lengkap dan beberapa pilihan, pilih “Download Map Area” yang berada di pilihan paling bawah.
  • Alternatif lain adalah menggunakan fitur “Search” . Pilih “Search Maps” yang ada di tampilan paling atas, kemudian ketik nama lokasi yang Anda cari. Setelah lokasi ditemukan, akan muncul tooltip/bubble lokasi tersebut, tekan kemudian pilih “Download Map Area”.

Untuk mencari peta lokasi yang telah Anda simpan pilih Menu > More > Cache Setting, kemudian pilih “Downloaded Map Areas”. Sayangnya untuk sementara ini, peta yang tersimpan belum dalam bentuk tampilan “Satellite” .

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Cara Membuat AutoText di Blackberry 10

Next Post

Tips Cara Print Dokumen Melalui iPhone dengan ePrint

Related Posts