Ini Dia Kegunaan Google Now untuk Pengguna Android

PCtren – Google Now merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kegunaan serupa dengan Siri yang dimiliki oleh perangkat iOS. Dengan Google Now, Anda dapat memerintahkan berbagai macam perintah untuk mengoperasikan perangkat Android Anda tanpa peru mengetik atau menekan tombol.

Google Now sendiri merupakan aplikasi buatan Google yang mampu berjalan pada perangkat minimal dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas dan juga iOS 6 ke atas. Anda dapat mengaktifkan perintah suara Google Now ini dengan cara membuka Google Now kemudian mengatakan “OK Google.” Sementara jika Anda menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat, maka Anda dapat mengaktifkannya secara langsung dengan mengatakan “OK Google” pada homescreen. Lalu apa saja kegunaan-kegunaan dari Goole Now khususnya untuk pengguna perangkat Android ? berikut ulasannya.

 

Menelpon dan Mengirim SMS

sms
Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan dengan perintah suara pada Google now adalah menelpon. Untuk menelepon, Anda hanya tinggal mengatakan “Call (nama seseorang)” untuk mulai melakukan panggilan telepon. Jika nama yang Anda sebutkan tersebut hanya memiliki satu nomor, maka Google Now akan langsung menghubunginya. Namun jika orang tersebut memiliki dua nomor, maka Anda akan diberikan pilihan dahulu sebelum menghubunginya.

Hal serupa juga bisa Anda lakukan untuk mengirim pesan SMS yaitu dengan mengatakan “Text (nama seseorang)”. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendiktekan pesan yang ingin Anda kirimkan secara langsung. Setelah itu Anda akan diberikan pilihan aplikasi apa yang akan digunakan untuk mengirim pesan tersebut.

Meminta Petunjuk Arah
Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah meminta petunjuk arah ke Google Maps. Untuk melakukannya, cukup katakan “Directions to”, “Navigate to”, atau “How to Get to“ kemudian sebutkan alamat, atau nama tempat yang ingin Anda tuju. Jika terdapat beberapa tempat dengan nama yang serupa, maka Anda akan diberikan pilihan untuk memilih tempat yang ingin Anda tuju tersebut.

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi dan ingin bepergian dengan kendaraan umum atau berjalan kaki, maka Anda dapat mengatakan “Walking Directions to (nama tempat)” atau “Transit Directions to” untuk meminta petunjuk jalan untuk berjalan kaki atau menggunakan moda transportasi publik. Selain itu, Anda juga bisa mengatakan “Map of (nama tempat)” untuk meminta peta suatu tempat tertentu, atau “Where am I” untuk meminta peta lokasi di mana Anda berada sekarang.

Pengingat Acara

acara
Mungkin Anda seringkali melupakan suatu acara, terlebih acara tersebut sangat penting untuk Anda. Maka dengan Google Now, Anda dapat meminta Google Now untuk mengingatkannya. Sebagai contoh, jika Anda ingin diingatkan untuk mencuci mobil pada hari sabtu, maka Anda dapat mengatakan “Remind me to Wash The Car on Saturday”. Maka setelah itu, Google Now akan mengingatkan Anda untuk melakukannya pada hari sabtu mendatang.

Bertanya Sesuatu
Google memang selalu mengetahui banyak hal. Di Google Now, Anda juga bisa menanyakan berbagai macam hal tersebut. Berbagai pertanyaan seperti “Is it raining?”, “How many GB pounds in 1 dollar?”, “How much is 54 times 23?”, “What is the status of Delta flight 997?” akan langsung mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Jika Anda ingin menonton film di bioskop, maka Anda dapat mengucapkan “(nama film) tickets” untuk kemudian Google Now akan menampilkan bioskop mana saja yang sedang menayangkan film tersebut beserta jadwal tayang dan harga tiketnya. Selain itu, pertanyaan ataupun permintaan mudah seperti “show me pictures of cute cats” akan langsung direspon oleh Google Now dengan menampilkan berbagai gambar kucing lucu yang di ambil dari hasil pencarian Google image search.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post

Tips Menggunakan Google Glass untuk Pemula

Next Post

Ingin Instal Custom ROM Android ? Perhatikan Dulu 5 Hal ini

Related Posts